Qatar Tuan Rumah Pertama yang Finish Tanpa Poin

Para pemain Qatar Mohammed Muntari usai pertandingan Belanda melawan Qatar dalam laga terakhir Grup A di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, 29 November 2022. (foto: ant/Reuters)

DOHA – Qatar menjadi tuan rumah pertama Piala Dunia yang tersisih tanpa memetik satu poin pun. Dalam laga terakhirnya menghadapi Belanda, tim Qatar kalah 0-2 setelah Frenkie de Jong mencetak gol sekaligus membukukan Belanda dalam 16 besar Piala Dunia dengan status juara Grup A.

Belanda yang membutuhkan satu poin untuk memastikan diri ke babak knockout membuka gol pada babak pertama ketika Gakpo mencetak gol dalam tiga laga berturut-turut yang digandakan Frenkie de Jong pada menit ke-49 dalam laga terakhir Grup A di Stadion Al Bayt.

Qatar yang sudah tersisih sebelum laga ini menjadi tim tuan rumah Piala Dunia pertama yang menyudahi fase grup tanpa memperoleh satu pun poin.

Sementara, tim asuhan Louis van Gaal mengakhiri fase grup dengan tujuh poin guna memuncaki klasemen Grup A, disusul Senegal enam poin pada urutan kedua sebagai runner up grup setelah menang 2-1 atas Ekuador.

Ekuador menduduki urutan ketiga dengan tiga poin, sedangkan Qatar tanpa poin pada urutan keempat.

Tim Oranye akan menantang runner up Grup B dalam perebutan satu tempat perempat final Sabtu pekan ini di Stadion Khalifa International. Sedangkan Senegal akan menantang juara Grup B.

Grup B saat ini dipuncaki Inggris dan mereka akan menghadapi Wales dalam laga terakhir grup ini, sedangkan Amerika Serikat ditantang Iran. Keempat negara masih memiliki peluang masuk 16 besar. (ant)