oleh

Raih Prediket Sangat Bagus, UUS Bank Nagari Tumbuh Signifikan

Jakarta – Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari menorehkan capaian yang cukup signifikan sepanjang tahun 2018.

Hal itu pun berbuah dengan diraihnya prediket kinerja ‘Sangat Bagus’ dari InfoBank dalam kategori UUS beraset 1 triliun hingga dibawah 2,5 triliun.

Prediket itu disematkan Infobank dalam edisi Khusus Syariah Nomor 496 tahun 2019.

Dalam data yang dibeberkan oleh Biro Riset Infobank, Bank Nagari meraih skor 88,21 persen.

Kemudian, posisi kedua ditempati Bank Kalbar dengan skor 85,92 persen, posisi ketiga ditempati Bank Kalsel dengan skor 85,28 persen, dan keempat ditempati Bank Jambi dengan skor 84,04 persen.

Berbagai pos keuangan UUS Bank Nagari pun membiru sepanjang tahun 2018.

Infobank mencatat, sepanjang tahun 2018, UUS Bank Nagari berhasil mencatatkan aset Rp 1,46 triliun. Aset ini pun tumbuh sekitar 5,53 persen secara tahunan.

Kenaikan aset sendiri tidak terlepas dari dana pihak ketiga (DPK) yang meningkat.

Tahun lalu, DPK UUS Bank Nagari mencapai Rp 1,14 triliun atau tumbuh sekitar 10,94 persen.

Tidak hanya DPK, total pembiayaannya pun tumbuh sebesar 4,97 persen dari Rp 1,33 triliun pada tahun 2017 menjadi Rp 1,39 triliun pada tahun 2018.

Jika melihat sektor pendapatan operasional dan laba, UUS Bank Nagari juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Mulai dari lini pendapatan operasional yang mengalami peningkatan mencapai Rp 118,35 miliar atau tumbuh 21,83 persen pada tahun 2018 dari tahun tahun 2017.

Sedangkan untuk laba setelah bagi hasil meningkat 16,27 persen pada tahun 2018, dimana mencapai Rp 79,85 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Syariah Bank Nagari Hendri mengaku gembira dengan pencapaian yang ditorehkan oleh Bank kebanggan orang Minang tersebut.

Hendri mengatakan, pencapaian ini tak terlepas dari dukungan semua pihak dalam mendorong inklusi keuangan Syariah di Sumatera Barat.

“Tentunya kita sangat gembira atas hasil yang dicapai oleh UUS Bank Nagari. Hasil ini berkat kerja keras kita, dan dorongan dari semua pihak,” katanya di Padang, Rabu 25 September 2019.

Menurutnya, peningkatan dari lini aset, DPK, pembiayaan hingga laba menandakan, jika keuangan Syariah semakin diminati oleh masyarakat Sumatera Barat.

“Setiap tahun, UUS Bank Nagari terus memperlihatkan kinerja yang selalu membaik. Peningkatan dari pembiayaan pun berarti, keuangan Syariah semakin diminati oleh masyarakat Sumatera Barat,” jelasnya.

Diharapkan, kedepan peningkatan sektor keuangan Syariah Bank Nagari terus meningkat, mengingat rencana Konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah seutuhnya.

Loading...

Berita Terkait