Tak Berkategori  

Raih WTP, Solok Selatan Cetak Sejarah

1.Bupati H. Muzni Zakaria dan Wabup H. Abdul Rahman salam komando atas torehan sejarah baru Pemkab Solsel capaian Opini WTP dan BPK RI atas laporan keuangan tahun 2016. (*)
Bupati H. Muzni Zakaria dan Wabup H. Abdul Rahman salam komando atas torehan sejarah baru Pemkab Solsel capaian Opini WTP dan BPK RI atas laporan keuangan tahun 2016. (*)

PADANG ARO – Kembali H. Muzni Zakaria dan H. Abdul Rahman mencatat sejarah baru untuk Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan. Kedua pasangan Musawarah (Muzni bersama wakilnya Abdul Rahman), menorehkan sejarah Solok Selatan bisa mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 dari BPK.

 Penyerahahan setifikat opini WTP tersebut  diterima Bupati Solsel H.Muzni Zakaria dari Kepala BPK Perwakilan Sumbar Eliza di Auditorium Kantor BPK, Selasa (6/6). Turut hadir dalam penerimaan sertifkat opini WTP tersebut, Ketua DPRD Solsel Sidik Ilyas,  Kepala BPKD Irwanesa, Ka. Inspektorat Amdani, dan beberapa ASN dari OPD Pemkab. Solsel terkait.

Muzni mengatakan, diraihnya predikat WTP oleh Pemkab Solsel untuk pertama kalinya ini merupakan wujud komitmen, tekad, semangat, dan kerja sama serta kerja keras dari seluruh jajaran DPRD, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menciptakan sistem pegelolaan keuangan dan aset yang mumpuni. 

1.Bupati H. Muzni Zakaria menerima plakat predikat Opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sumbar Eliza di Auditorium Kantor BPK, disaksikan Ketua DPRD Solsel Sidik Ilyas. (*)
 Bupati H. Muzni Zakaria menerima plakat predikat Opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sumbar Eliza di Auditorium Kantor BPK, disaksikan Ketua DPRD Solsel Sidik Ilyas. (*)

“Hasil dari pemeriksaan laporan keuangan 2016 ini,  akan kami jadikan sebagai persiapan pemeriksaan di tahun mendatang, agar LKPD Solsel semakin berkualitas,  terutama dalam hal mengelola aset daerah dan penyajian  catatan atas laporan keuangan,” kata Muzni.

Prestasi opini WTP ini juga mendapat apresiasi Ketua DPRD Solsel Sidik Ilyas. Atas nama DPRD Solsel ia mengucapkan terima kasih atas kerja keras Pemkab, sehingga menghasilkan WTP untuk pertama kalinya bagi Solok Selatan. Predikat ini hendaknya dapat dipertahankan dan sebagai motivasi bagi solok selatan untuk lebih maju kedepannya.

Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, Eliza juga  mengapresiasi Pemkab Solsel untuk tindak lanjut atas LHP BPK tahun lalu. Sehingga Solsel dapat meningkatkan opini atas laporan keuangannya menjadi WTP.

Menurutnya opini WTP diraih karena Pemkab Solsel   serius dan konsekwen dalam mengelola, menerapkan pelaporan keuangan dan aset pemerintah menggunakan sistem secara aktual.

Ia menjelaskan,  LHP atas LKPD 2016 terdiri dari tiga laporan utama yaitu LHP atas LKPD Tahun 2016, LHP atas Sistem Pengendalian Intern (SPI), dan LHP atas Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Bupati H. Muzni Zakaria- Wabup H. Abdul Rahman dan Sekdakab H. Yulian Efi bersama seluruh OPD Pemkab mengacungkan jempol atas torehan opini WTP.  (*)
Bupati H. Muzni Zakaria- Wabup H. Abdul Rahman dan Sekdakab H. Yulian Efi bersama seluruh OPD Pemkab mengacungkan jempol atas torehan opini WTP. (*)

Suka cita atas pencapaian opini WTP ini, dengan serta merta Bupati maupun Wabup dan Sekdakab. Solsel H. Yulian Efi mengumpulkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Solsel di ruang kerjanya, Rabu (7/6).   

Pada pertemuan istimewa tersebut, Muzni Zakaria – Abdul Rahman berharap dan bertekad, akan terus mempertahankan WTP.  Ada beberapa target capaian yang juga diungkapkan duo pemimpin Musawarah itu dalam pertemuan tersebut. Di antaranya, target untuk keluar dari daerah tertinggal, perbaikan nilai LAKIP, ketepatan penyelesaian APBD 2018.

Oleh sebab itu pula, Bupati dan Wabup berharap pada semua OPD untuk terus berpacu meningkatkan kinerja guna memberikan yang terbaik bagi Solok Selatan. Meski pada tahun ini APBD Solsel lebih kurang Rp823 miliar, ke depan hendaknya dapat pula lebih ditingkatkan. Apalagi pada tahun ini Pemkab Solsel telah melaksanakan e-planning, terhadap sistem perencanaan penganggaran. Untuk itu, semua pihak, diharapkan taat prosedur, baik waktu maupun mekanisme dalam penganggaran.   

Sukacita atas capaian opini WTP dan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT di saat Ramadhan tahun ini, Bupati Muzni Zakaria bersama Wabup Abdul Rahman bersepakat, mengagendakan buka bersama dengan anak yatim. (af)