oleh

Railbus Simpang Haru-BIM Ditargetkan Beroperasi November 2015

Railbus Padang-BIM (skyscrapercity.com)
Railbus Padang-BIM (skyscrapercity.com)

PADANG – Pemprov Sumbar menargetkan railbus dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau, bisa beroperasi pada November 2015.

“Proses pengerjaan rel tengah dilakukan, tapi yang menjadi kendala sekarang adalah ganti rugi lahan warga yang masih belum tuntas sekitar 15 persen lagi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumbar Amran, Selasa (14/4).

Untuk penuntasan ganti rugi lahan, pemerintah pusat hanya memberi waktu hingga akhir April 2015, jika tidak selesai maka anggaran tersebut akan dikembalikan ke pusat.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Provinsi Sumbar akan melakukan tindakan tegas terhadap ganti rugi lahan warga tersebut.

Anggaran untuk pembebasan lahan tersebut senilai Rp31 miliar dengan panjang 4,2 kilometer dan lebar 30 meter.

Selain pembangunan rel, Dishubkominfo juga membangun stasiun dekat BIM, sehingga nantinya penumpang yang berasal dari bandara bisa dengan berjalan kaki mengakses stasiun tersebut.

Beroperasinya railbus yang direncanakan pada November 2015, tujuannya untuk memperpendek waktu dari Padang ke BIM serta menghindari kemacetan di jalan raya Padang-Bukittinggi maupun dari Jalan By Pass Padang.

Awal beroperasinya railbus tersebut dimulai dari Stasiun Simpang Haru, untuk ke depannya direncanakan akan dimulai dari stasiun Pulau Air ke BIM (*/aci)

sumber:antara

Loading...

Berita Terkait