oleh

Ratusan Masyarakat Dharmasraya Demo Perusahaan Sawit

PULAU PUNJUNG – Ratusan warga Kecamatan Tiumang, Dharmasraya, , yang tergabung dalam Aliansi Anak Nagari Tiumang Lamo (Aantimo), menggelar aksi unjuk rasa ke kantor PT Sumber Andalas Kencana (SAK), meminta manajemen perusahaan menjelaskan perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) di tanah ulayat mereka.

Ketua Aantimo sekaligus koordinator aksi, Abdul Rahman di Pulau Punjung, Senin, mengatakan kedatangan mereka ke kantor PT SAK untuk mendesak perusahaan agar memberhentikan sementara proses peremajaan kebun kelapa sawit di tanah ulayat kenagarian (desa adat) Tiumang Lamo sampai ada kejelasan dari pihak perusahaan.

Sebagai wujud protes warga juga melakukan penanaman ribuan bibit pohon karet di beberapa titik lahan perkebunan kelapa sawit inti yang dalam proses peremajaan oleh pihak perusahaan.

Wakil Ketua Aantimo Asril menambahkan, pihak perusahaan dalam proses penanaman kembali kebun kelapa sawit di tanah ulayat Kenagarian Tiumang Lamo tidak membawa elemen masyarakat untuk musyawarah dan mufakat.

Staf Divisi Manager PT SAK, Hafisin menyebutkan, saat ini pihaknya belum bisa meberikan keputasan terkait aspirasi yang disampaikan masyarakat.

“Namun aspirasi dari bapak-bapak sudah saya catat dan segera ditindaklanjuti ke pimpinan,” katanya. (*/lek)

Sumber:antara

Loading...

Berita Terkait