Tak Berkategori  

Referensi Usaha Rumahan untuk Mahasiswa

Menjual pulsa, bisa menjadi usaha sampingan mahasiswa. (*)
Menjual pulsa, bisa menjadi usaha sampingan mahasiswa. (*)

JAKARTA – Melanjutkan kuliah dan menyandang gelar sebagai seorang mahasiswa adalah mimpi banyak orang. Bukan hanya bagi seorang pelajar yang baru lulus SMA, bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga menjadi harapan orangtua terhadap anak-anaknya.

Semangat yang begitu besar untuk masuk ke kampus ternama, di jurusan yang sudah diminati sejak lama membuat banyak calon mahasiswa yang sudah mulai mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Mengejar mimpi dan membahagian orangtua adalah tujuan utama mereka.

Akan tetapi perjuangan untuk menjadi seorang mahasiswa tidak selalu berjalan lancer seperti yang dibayangkan. Ada kalanya seorang mahasiswa juga harus berusaha keras bagaimana supaya kuliah tetap lancer, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu dan merantau untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Tapi jangan khawatir, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Bagi Anda para mahasiswa yang saat ini mungkin sedang berjuang di perantauan atau sedang berjuang untuk menyelesaikan kuliah dengan uang sendiri, tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan pekerjaan atau Usaha Rumahan untuk Mahasiswa yang dapat dicoba supaya dapat pengahasilan tambahan. Berikut ini beberapa saran usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Jasa Bimbel untuk Pelajar

Mengingat mahasiswa telah melewati masa-masa SD, SMP, dan SMA, tentu ada satu atau dua mata pelajaran yang sangat disukai dan dikuasai. Beberapa mata pelajaran tersebut bisa dijadikan modal utama untuk membuka jasa bimbingan belajar atau les privat bagi para pelajar. Selain bisa mendapat penghasilan tambahan, Anda juga bisa sambil beramal dengan membagikan atau mngajarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain. Baca juga: Tempat Wisata Kuliner Di Bandung

Jadi Guru Ngaji

Saat ini banyak sekali orangtua yang lebih yakin jika anak mereka diajari oleh orang lain, terutama soal agama. Banyak orangtua yang masih percaya untuk menitipkan anak mereka ke pondok pesantren atau TPA, tujuannya agar anak-anak mereka bisa mengaji.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membaca Al-Qur’an bisa mencoba untuk mengajarkan anak-anak yang ada di sekitar tempat tinggal Anda untuk mengaji. Selain bisa dilakukan tanpa modal yang besar, usaha ini juga bisa dilakukan di rumah sendiri. Selain itu juga akan mendapat pahala.

Menjalankan Bisnis Online Kecil-kecilan

Di era teknologi yang semakin canggih ini, banyak mahasiswa yang mencoba mendapat penghasilan melalui internet. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan bisnis online kecil-kecilan. Ada banyak bisnis online yang bisa digeluti oleh para mahasiswa, misalnya menjadi seorang penulis untuk web atau blog, membuat web, dan juga membuka took online yang menyediakan pakaian atau hasil kerajinan tangan. Beberapa pekerjaan tersebut tidak memerlukan modal yang begitu besar dan tentunya bisa dijalankan di rumah.

Menjadi Penerjemah Bahasa

Bagi Anda yang mungkin menguasai bahasa selain Bahasa Indonesia menjadi seorang translator bisa dijadikan sebagai usaha rumahan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika diminta untuk menerjemahkan film atau music misalnya, atau hal lain yang Anda sukai. Selain bisa mendapatkan pemasukan Anda juga bisa mengerjakan sesuatu yang disenangi sekaligus menerapkan apa yang sudah dipelajari selama ini.

Menjual Pulsa atau Kartu Internet

Ini adalah salah satu usaha rumahan yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa. Sebab hanya dengan beberapa puluh ribu saja Anda sudah bisa menjalankannya. Selain berjualan pulsa menjual kartu internet juga bisa menjadi pilihan berikutnya, mengingat saat ini hampir semua orang memiliki gadget dan harus selalu terhubung ke internet setiap saaat. (*)