Tak Berkategori  

Resmi Tuan Rumah HPN 2018, Ini Keuntungan Bagi Sumbar

PWI (net)
PWI (net)
PWI (net)

PADANG – Sumatera Barat akhirnya resmi ditetapkan menjadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018. Penetapan setelah rapat pleno pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Selasa (21/3) di Jakarta.

“Alhamdulliah, tepat pukul 15.00 WIB tadi siang, kita sudah terima suratnya. Keputusan itu berdasarkan rapat pleno PWI pusat,” ujar Ketua PWI Sumbar, Selasa (21/3).

Dikatakannya, rapat pleno tersebut selain dihadiri oleh pengurus PWI pusat, juga menghadirkan tim yang diturunkan PWI Pusat untuk melakukan pemantauan ke daerah yang siap menjadi tuan rumah. Keputusan tersebut diserahkan dalam bentuk Surat keputusan (SK) yang ditandatanagani Ketua PWI Pusat Margiono dan Sekjen PWI Pusat Hendry CH Bangun.

Terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah HPN 2018 itu, menyisihkan dua daerah lainnya yang berminat. Daerah tersebut Surakarta, Jawa Tengah dan Medan, Sumatera Utara.

Dengan terpilihnya Sumbar menjadi tuannya rumah, maka diperlukan koordinasi antara PWI Pusat, PWI Sumbar dan Pemprov Sumbar. Karena menjelang pelaksanaan, akan diikuti oleh sejumlah kegiatan pra HPN. “Kita akan koordinasikan dengan Pemda untuk langkah selanjutnya,” katanya.

Bagi Sumbar, menjadi tuan rumah HPN adalah keuntungan tersendiri. Karena ribuan wartawan dari berbagai media secara nasional akan hadir di Sumbar. Mereka akan secara tidak langsung akan mempromosikan Sumbar pada seluruh Indonesia.

Selain itu, tamu yang akan datang tidak hanya wartawan, namun semua tokoh dan pemimpin di Indonesia akan ikut hadir. Momentum itu akan menjadi promosi tidak terhingga bagi Sumbar.

“Kita tahu, yang datang ke HPN tidak hanya wartawan, semua pejabat seluruh provinsi, kabupaten dan kota akan ikut hadir. Karena sudah tradisi, HPN dihadiri oleh Presiden,” ujarnya. (yose)