Tak Berkategori  

Resmikan Sekretariat, Ketua Parfi Sumbar akan Hidupkan Kembali Komisi Perfilman

Talkshow PARFI Sumbar dalam rangka Hari Film Nasional,(31/3/2021).(arief pratama)

Padang, Singgalang – Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 31 Maret. Berhubungan dengan itu, PARFI Sumbar meresmikan sekretariat yang berada di Jalan Banda Puruih No.75 (Duas Coffee). Ini menjadi sebuah spirit dan semangat baru bagi PARFI Sumbar untuk lebih memberikan luang bagi para sineas lokal untuk melebarkan sayap.

Pasca dilantik oleh Ketua PB PARFI Alicia Djohar, Ketua PARFI Sumbar, Fadly Amran langsung berkomitmen untuk melanjutkan amanah sebagai Ketua PD PARFI Sumbar periode 2020-2025. “Di Hari Film Nasional ini, kita berharap sineas-sineas lokal yang ada di Sumbar bisa bersinergi dengan baik,” sebut Fadly dalam sambutannya saat pembukaan Sekretariat PARFI tersebut, Rabu (31/3/2021) malam.

Fadly Amran selaku Ketua didampingi Satria Haris (Sekretaris) dan Daddy Fatria (Bendahara) juga berkomitmen untuk lebih mengembangkan PARFI di Sumbar. Dia mengatakan, ada banyak cara untuk mencapai itu. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada sineas pemula ataupun pelajar maupun mahasiswa yang ingin berkarya di bidang perfilman, terutama akting.

“Kita pun terbuka untuk siapa saja yang mau. Makanya, disini juga ada Dinas Pariwisata Sumbar yang akan ikut membantu juga untuk pengembangan PARFI ke depannya,” jelas Wali Kota Padang Panjang ini.

Selain itu, Fadly Amran bersama PD PARFI Sumbar juga sering menggelar pelatihan-pelatihan seni perfilman untuk para calon artis di Sumbar. PD PARFI Sumbar juga akan menarik produksi film nasional untuk dapat melakukan shooting di Provinsi Sumatera Barat serta akan melibatkan seniman-seniman daerah dalam pembuatan Film Nasional.

“Dengan ditariknya penggarapan Film Nasional ke Provinsi Sumbar, tentunya akan menjadi nilai plus sendiri bagi Sumbar, terutama dalam bidang pariwisata. Dengan adanya penggarapan film di Sumbar, kita juga mempunyai peluang besar untuk memberdayakan seniman lokal agar terlibat langsung,” kata Fadly yang juga Ketua KNPI Sumbar itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial yang ikut hadir dalam peresmian Sekretariat PARFI Sumbar sekaligus peringatan Hari Film Nasional mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dunia film dan pariwisata adalah dua sisi yang sangat luar biasa jika digabungkan. Apa yang dilakukan oleh PARFI Sumbar, sangat berkesinambungan dengan visi Pariwisata Sumbar.

“Kita akan terus support semua kegiatan yang meningkatkan daya jual Sumbar ke luar. Tidak itu saja, kita akan hidupkan kembali Komisi Perfilman Sumbar untuk mendukung hal tersebut,” papar Novrial.

Acara yang dihadiri oleh jajaran pengurus PARFI Sumbar, Kadis Pariwisata Sumbar, mantan anggota DPRD Padang Maidestal Hari Mahesa, anggota DPRD Tanah Datar, GM PadangTV Rita Gusvenita, sutradara berbakat Sumbar Yudicoey dan rekan-rekan sineas muda ini diawali dengan nonton bareng film ‘Di Ruang Tunggu’ karya Yudicoey. Setelah itu dilanjutkan dengan talkshow yang disiarkan live oleh Padang TV. (arief)