Respons Gempa Pasaman Barat; Mulai dari Dapur Umum hingga PFA

×

Respons Gempa Pasaman Barat; Mulai dari Dapur Umum hingga PFA

Sebarkan artikel ini
Dompet Dhuafa Singgalang bersama DMC Dompet Dhuafa hadirkan dapur umum serta PFA (Psychological First Aid) sebagai bagian respon untuk penyintas pasca gempa yang menerjang Pasaman Barat.

“Mengganti baju saja tidak berani pulang. Karena masih takut ada gempa lagi,”pungkas Noval.

Kini Noval bersama orangtua dan keluarganya beserta ratusan pengungsi lainnya harus bertahan di tenda pengungsian mengingat pengalaman yang lalu.

Sejauh ini Noval sudah bisa bermain dan membaur dengan teman-teman di pengungsian. Dirinya menceritakan bahwa rumahnya beserta puluhan rumah saudaranya yang lain rata dengan tanah.

Seusai mendirikan Dapur Umum dan PFA, tim telah koordinasi dengan BPBD dan tim gabungan setempat. Atas koordinasi tersebut Dompet Dhuafa Singgalang dan DMC Dompet Dhuafa akan mendirikan Rumah Sakit Lapangan di lapangan Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat.

“Pasien terus berdatangan sementara posko kesehatan masih terbatas,”jelas Amrullah Tim Respons Pasaman Barat DMC Dompet Dhuafa.

“Kondisi terkini pasien, sekiranya memang butuh kita dirikan satu rumah sakit lapangan lagi. Karena menurut info masih ada korban yang butuh perawatan medis,”sambung Amrullah.

“Lokasi sudah disetujui di lapangan Rumah Dinas Bupati. Karena di sini lokasi strategis dan banyak pasien yang membutuhkan pertolongan sementara medis masih terbatas di lokasi ini,”tutup Amrullah. (rel)