Tak Berkategori  

Rio Haryanto Resmi Jadi Pebalap F1 Pertama dari Indonesia

Rio Haryanto (net)
Rio Haryanto (net)
Rio Haryanto (net)

LONDON – Rio Haryanto resmi menjadi pebalap F1 pertama dari Indonesia, setelah menandatangani kesepakatan dengan Manor Racing.

Rio (23) akan melakukan balap debutnya di Australia, di mana musim baru dimulai pada 20 Maret.

“Melbourne akan menjadi momen besar bagi saya, bagi negara saya, para pendukung dan penggemar dan saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama saya sejak saya memulainya pada balap ‘single seater’ 2016 merupakan peluang saya untuk membayar kepercayaan dan mewakili Asia di F1,” kata Rio.

Perekrutannya serta rekan setimnya yang merupakan pebalap rookie asal Jerman Pascal Wehrlein melengkapi grid untuk musim 2016.

Rio yang finis di peringkat keempat pada seri feeder GP2 pada musim lalu dengan memenangi tiga balap, akan menjadi pebalap Asia Tenggara ketiga yang berkompetisi di F1 sejak kejuaraan itu dimulai pada 1950.

Dua pebalap lainnya adalah Alex Yoong asal Malaysia, dengan Minardi pada 2001-2002, dan Pangeran Bira (Birabongse Bhanudej) asal Thailand pada 1950-an.

“Popularitas besar Rio di Indonesia merupakan hal bagus untuk tim dan untuk F1. Mereka ingin melihat dia di grid dan kami yakin bahwa kita akan melihatnya menikmati sejumlah pertarungan menarik dalam setahun mendatang,” kata pemilik Manor, Stephan Fitzpatrick.(aci)

sumber:antara