Tak Berkategori  

Rombongan Kunker Ada yang Positif, Hasil Tes Swab Nasrul Abit Negatif

Nasrul Abit (ist)

PADANG – Pemprov Sumbar melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar menegaskan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit negatif covid-19. Kepastian itu setelah keluarnya hasil tes swab yang dilakukan pada Sabtu (6/6).

“Alhamdulilah, Pak Wagub sehat-sehat saja. Karena hasilnya negatif, beliau beraktivitas seperti biasa,”sebut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, Senin (8/6).

Guna memastikan kesehatannya, Nasrul Abit sudah melakukan tes swab hingga enam kali sepanjang wabah ini melanda. Langkah guna memastikan kesehatannnya, serta menjaga kesehatan orang yang ada di lingkungannya.

“Pak Wagub itu sudah tes swab sampai enam kali lo. Kita tahu Pak Wagub harus berkomunikasi dengan banyak orang untuk melaksanakan tugas,”ujarnya.

Penjelasan itu terkait beredarnya sejumlah informasi, Wagub Sumbar, Nasrul Abit harus menjalani isolasi mandiri, karena ada rombongan kunjungan kerjanya yang positif covid-19.

Sebelumnya, rombongan kunjungan kerja Nasrul Abit ke Kota Bukittinggi untuk memantau pelaksanaan new normal di Kota Wisata tersebut. Kebetulan salah satu rombongan positif covid-19, karena kontak dengan orang terkonfirmasi positif.

Untuk memastikan agar rombongan tersebut aman, akhirnya rombongan yang mencapai 30 orang dilakukan tes swab. Termasuk protokoler, awak media dan petugas Polisi Jalan Raya (PJR).

Hasilnya, hasil pemeriksaan Covid-19 di Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, 4 orang dari rombongan tersebut dinyatakan positif terpapar virus corona.

Pemeriksaan dilakukan Sabtu (6/6). Dalam kesempatan itu dilakukan pemeriksaan terhadap 30 sampel. Ikut dalam kelompok pemeriksaan itu Nasrul Abit.

Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FDOK Unand, Dr dr Andani Eka Putra MSc, tanggal 7 Juni 2020, 4 orang ASN dinyatakan positif Covid-19.

Ada pun 30 orang sampel yang diperksa tersebut sebelumnya sudah menjalani tes swab yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. Ke-30 orang tersebut semula dengan status OTG (orang tampa gejala).

Empat yang positif tersebut adalah RM (pria), HS (pria), NR (wanita) dan Mu (pria). Mereka bertugas di Satpol PP Sumbar satu orang, Protokoler Biro Umum Setdaprov Sumbar dan Dinas Pariwisata Sumbar. (yose)