Tak Berkategori  

Ruas Jalan Provinsi yang Hubungkan Baso – Tanah Datar Rusak Parah

Jalan Baso- Tanah Datar, tepatnya di kelok jembatan Jabua sampai ke perbatasan Kabupaten Tanah Datar dalam kondisi rusak parah. (kas)

Agam, Singgalang – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Baso-Tanah Datar kondisinya saat ini rusak parah. Tak jarang pengguna jalan mengalami kecelakaan, karena badan jalan berlobang di berbagai lokasi dan butuh perbaikan.

Seperti disampaikan pemuka masyarakat Koto Tinggi, S. Dt. Bagindo Nan Renceh yang juga sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Tinggi, Kamis (9/6) menjelaskan, tidak jarang pengguna kendaraan roda dua terjatuh karena badan jalan banyak lobang menganga.

“Apalagi saat hari hujan, jalan berlobang di sepanjang jalan itu digenangi air, sebab drainase atau saluran air di sisi badan jalan tidak terawat sehingga mengakibatkan air meluap ke badan jalan,” ujar S.Dt.Bagindo Nan Renceh.

Tidak hanya itu, terang S.Dt. Bagindo Nan Renceh, di samping jalan berlubang, badan jalan juga butuh perlebaran. . Karena, ada sejumlah titik yang rawan longsor pada jalan provinsi yang menghubungkan Baso- Tanah Datar itu, tepatnya di kelok jembatan Jabua sampai ke perbatasan Kabupaten Tanah Datar.

Terpisah, Irwandra Makdang Sikumbang menuturkan, jika ruas jalan Baso-Tanah Datar tidak segera mendapat perbaikan, dikhawatirkan jalan penghubung akan putus total akibat tanah longsor. Apalagi jika intensitas hujan terus tinggi.

Ia berharap pemerintah Provinsi Sumbar untuk dapat memperbaiki sekaligus perlebaran ruas jalan yang menghubungkan antar kabupaten dalam Provonsi itu dalam upaya menghindari kecelakaan lalu-lintas jalan raya.

Salah seorang pengemudi angkutan umum Bukittinggi-Batusangkar Hendri menjelaskan, mulai dari simpang Batu Taba Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso, Agam sampai ke perbatasan Kabupaten Tanah Datar pengemudi ekstra hati-hati, karena disamping badan jalan kecil dan berlobang juga bahu jalan labil, ujarnya. (511)