ekonomi

Rumah Dibedah Semen Padang, Marlis Berurai Air Mata

×

Rumah Dibedah Semen Padang, Marlis Berurai Air Mata

Sebarkan artikel ini
Rumah Marlis di RT03, RW06, Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, dibedah oleh PT Semen Padang melalui program Basinergi Mambangun Nagari (BMN), Selasa (5/9/2023).Ist

“Ini program forum yang luar biasa. Saya sudah sampaikan ke Pak Camat, dan beliau bilang program bedah rumah ini sangat bagus dan harus kita apresiasi bersama. Beliau juga menyampaikan terima kasih Semen Padang yang telah mendukung penuh program bedah rumah dari Forum Nagari ini,” ujar Hendrita.

Ketua Forum Nagari Bandar Buat Dahrulsyah mengatakan, program bedah rumah ini merupakan salah satu dari sepuluh program yang dirancang Forum Nagari Bandar Buat. Dan, program ini sudah dimulai sejak tahun 2022. Untuk tahun 2023 ini, ada 3 unit rumah yang dibedah.

“Masing-masing rumah, mendapatkan bantuan bedah rumah sebesar R25 juta. Dana bantuan tersebut bersumber dari dana CSR/TJSL PT Semen Padang. Untuk itu, kami berterima kasih kepada Semen Padang yang telah mendukung penuh program bedah rumah ini,” katanya.

Wakil Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan H Asril Aziz Rajo Bujang mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang atas kepeduliannya. Untuk itu, ia pun mengimbau agar masyarakat selalu mendoakan PT Semen Padang agar tetap eksis sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lahgi pada masyarakat.

“Mari kita dukung dan do’akan Semen Padang agar tetap eksis di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini. Karena, semakin eksis Semen Padang ini, maka akan semakin besar kontrubusinya untuk masyarakat lingkungan,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengatakan, program bedah rumah ini merupakan salah satu program yang diusulkan Forum Nagari Bandar Buat. Dan, dia berharap program ini dapat berjalan sesuai harapan masyarakat dan juga PT Semen Padang.

“Program bedah rumah ini bukan karena ujug-ujug ditentukan. Ada beberapa indikatornya. Di antaranya, penerima manfaatnya betu-betul berasal dari rumah tangga miskin. Kami berharap, program bedah rumah ini dapat berjalan sesuai harapan kita bersama,” kata Iskandar.

Diketahui Forum Nagari Kelurahan Bandar Buat pada tahun ini menerima bantuan dari CSR PT Semen Padang sebanyak Rp250.096.000. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp75 juta diperuntukkan untuk program bedah rumah sebanyak 3 unit. Kemudian sisanya, untuk program makanan tambahan Posyandu, budidaya madu lebah galo-galo, mobiler LKN, dan Kredit Usaha Nagari.

Pada tahun 2023, PT Semen Padang melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan dana sebesar Rp3 miliar kepada 14 pengurus Forum Nagari yang tersebar di empat kecamatan di Kota Padang. Dana sebesar itu merupakan bagian dari dana TJSL atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang yang jumlahnya sebesar Rp26 miliar pada tahun 2023.(yose)