Tak Berkategori  

Rumah Warga di Padang Pariaman Dihantam Ombak

Rumah pantai Korong Mangopoh dihamtam gelombang (Foto: Rus Akbar/Okezone)
Rumah pantai Korong Mangopoh dihamtam gelombang (Foto: Rus Akbar/Okezone)
Rumah pantai Korong Mangopoh dihamtam gelombang (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG – Sekira puluhan rumah di tepi pantai Korong Mangopoh, Kanagarian Mangopoh Dalam, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat dihantam gelombang laut pasang.

“Sudah tiga hari rumah saya kena hantam gelombang, pasir dan air laut masuk kedalam rumah,” ujar Eri Jarwin (41) korban rumah diterjang gelombang kepada Okezone, Sabtu (27/5).

Gelombang laut masuk ke rumah itu pada pukul 08.00 WIB dan surut pada pukul 11.00 WIB pagi tadi dan akan naik lagi pada pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB. “Tadi kami sibuk mengurus barang, beberapa warga lain ada barang-barangnya yang hanyut, rumah tetangga saya itu sudah sampai di pondasi rumah,” ujarnya.

Ada sekira 30-an rumah dan warung di kawasan ini yang terkena gelombang. Kata Eri Jarwin biasa gelombang tinggi ini terjadi sekali tiga bulan dan paling besar sekali setahun.

“Akibat abrasi ini bibir pantai dulunya berjarak 30 meter. Belum ada bantuan dari Pemerintah, kalaupun kami pindah istri dan mertua tidak ada tanah lain selain di sini,” katanya.

Sehari-hari warga di sekitar Pantai Ulakan ini adalah nelayan dan ada penjual ikan. “Untuk memenuhi kebutuhan kita melaut tapi sejak ombak besar ini kita di rumah saja khawatir keadaan keluarga di rumah,” tuturnya. (aci)

agregasi okezone1