oleh

Rute TdS 2019 Bisa Sampai ke Kerinci

Para peserta TdS melewati kawasan Ganting, Padang (givo alputra)

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumbar pertimbangkan untuk memasukan rute Solok Selatan-Kerinci, Jambi salah satu etape ajang Tour de Singkarak (TdS) 2019. Hanya saja, kondisi jalan di daerah tersebut harus dapat dipastikan layak untuk rute TdS.

“Jika memang kondisi jalannya baik kita akan pertimbangkan. Yang pasti brand TdS tetap milik Sumbar. Untuk memasukannya tinggal gubernur membuat surat pada Kementrian Pariwisata,”sebut Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Jumat (5/4/2019).

Dikatakannya, sebelumnya Jambi sudah menawarkan diri, agar wilayahnya juga dapat dilewati jalur TdS. Dengan itu, maka objek wisata Kerinci juga dapat terpromosikan dengan ajang internasional tersebut.

“Namun, keinginan ikutnya dalam ajang TdS itu mesti kita lihat dari kondisi jalan di perbatasan Muaro Labuh dengan Sungai Penuh,” katanya.

Pada 2019 TdS direncanakan berlangsung pada November 2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan bisa dikatakan Provinsi Jambi mendekati 100 persen kepastian untuk ikut dalam TdS 2019.

“Hadirnya Jambi akan dapat memberikan suasana yang baru, sebab sepanjang rute dari Muaro Labuh Solok Selatan – Kerinci memiliki pemandangan yang indah, serta suhu udara yang begitu sejuk. Jika Jambi jadi ikut panjang rute yang akan bertambah itu lebih dari 200 kilometer dari yang sebelumnya 1,2 ribu kilometer lebih,” pungkasnya.(yose)

Berita Terkait