Tak Berkategori  

Salahgunakan Visa, Tiga WNA Asal Tiongkok Dideportasi

Tiga WNA asal Tiongkok yang menyelahgunakan visa kunjungan yang akan dideportasi via Jakarta, Jumat (5/8).(yose)
Tiga WNA asal Tiongkok yang menyelahgunakan visa kunjungan yang akan dideportasi via Jakarta, Jumat (5/8).(yose)

PADANG – Kantor Imigrasi Kelas I Padang mendeportasi tiga warga negara asing (WNA) asal Tiongkok. Ketiganya dinilai telah menyalahgunakan via kunjungan untuk bekerja di Sumbar.

Mereka terdiri, Wu Qing Hai yang merupakan seorang investor tambang. Kemudian Hong Sui dan Cheng Jianshe. Dua nama terkahir merupakan orang yang membantu Wu Qing Hai dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia.
Deportasi terhadap warga negara asing itu rencananya akan dilakukan via Jakarta Jumat  (5/8) siang ini. Selain itu semua berkas pemberangkatan ketiganya sudah selesai.
Penangkapan ketiganya dilakukan pada 21 Juli lalu. Mereka sedang berada Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di Pinti Kayu, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh pada 21 Juli lalu.
Pihak Imigrasi mendapat info kalau ada warga negara asal Tiongkok yang menyalahgunakan izin kunjungan di Solok Selatan dengan mencoba menjadi cukong untuk perusahaan tambang emas. Info itu langsung ditanggapi cepat pihak Imigrasi dan melakukan penangkapan ketiganya.
“Mereka kita amankan tanpa perlawanan, berada pada tempat yang sama,”sebut Kepala kantor Imigrasi kelas I Padang Esti Winahyu Nurhandayani saat ditemui di ruang kerjanya. (yose)