Tak Berkategori  

Sandi Uno Direncanakan Buka Festival Pesona Minangkabau

Sandiaga Uno. (*)

BATUSANGKAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno direncanakan membuka Festival Pesona Minangkabau 2021 pada 13-14 November 2021.

“Kita satu-satunya kegiatan di Sumatera Barat yang mendapat dukungan dan bantuan dari kementrian, kita akan undang Menteri Pariwisata seandainya dia tidak hadir minimal bisa pertemuan bisa dilakukan secara virtual,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar Kamis.

Pelaksanaan Festival Pesona Minangkabau 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jikalau sebelumnya dihadiri dan dimeriahkan secara langsung oleh perwakilan dari provisi tetangga namun untuk tahun ini hanya bisa disaksikan melalui zoom saja.

Meskipun demikian pelaksanaan secara hybrid atau daring itu tidak merubah nilai dan tujuan dari Festival Pesona Minangkabau itu sendiri.

Yakni mewariskan nilai dan budaya Minangkabau kepada masyarakat salah satunya melalui pemecahan rekor MURI Indonesia.

Untuk tahun ini acara ini akan memecahkan rakor MURI yakni dengan menampilkan tari piring virtual terbanyak dengan melibatkan sekolah, sanggar, dan dibantu beberapa perwakilan PKK Nagari di Tanah Datar.

“Metode pelaksanaannya akan dipandu sebanyak 20 orang di Istano Basa Pagaruyung dan di virtualkan ke masing-masing sekolah dan dibantu 10 PKK di tiap nagari,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan ini juga menampilkan sebanyak sembilan macam kegiatan diantaranya lomba konsep iven di nagari.

“Empat nagari teratas yang memiliki konsep wisata menarik akan dimasukkan kedalam iven wisata Tanah Datar 2022 dan akan mendapatkan bantuan dana melalui APBD sebesar 50 juta rupiah,” katanya. (ant)