Tak Berkategori  

Sandi Uno Siapkan Tiga Gagasan Majukan Pariwisata Indonesia

Sandiaga Uno saat diperkenalkan sebagai menteri di Istana. (antara)

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno sudah menyiapkan tiga gagasan utama untuk pariwisata Indonesia. Tiga gagasan utama itu adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Inovasi karena kita harus bergerak secara cepat bawah presiden arahannya dan bapak wapres dalam satu tahun ini harus ada ‘quick win’,” kata Sandiaga di Istana Negara Jakarta, Rabu (23/12) usai dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Menurut Sandi, harus ada perubahan yang mendasar pada saat berbenah terhadap lima destinasi super prioritas. Inovasi dilakukan dari segi infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata dan ekonomi kreatif, kuliner, ‘fashion’ (fesyen), dan lainnya.

“Kedua, adaptasi. Kita harus beradaptasi dengan keadaan terkini yaitu COVID-19. ‘CHSE’ salah satunya harus kita pastikan sebagai prasyarat untuk kebangkitan sektor ini,” ungkap Sandiaga.

“CHSE” adalah Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) yang sebelumnya juga sudah diungkapkan Wishnutama.

Gagasan ketiga adalah kolaborasi. Sandi mengaku akan menggandeng semua pihak karena jutaan lapangan pekerjaan terdampak pandemi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sandiaga mengaku akan berjuang untuk mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan.

“Agar kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mempertahankan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga. (ant/mat)