Sumbar  

Sandiaga Ajak Pemko Pariaman Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Sandiaga Uno

PARIAMAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno bertatap muka dengan para pelaku ekonomi kreatif dalam workshop inovasi dan kewirausahaan kota kreatif di aula balaikota Pariaman, Selasa.

Kegiatan ini berjalan santai, tidak begitu formal, tapi cukup menarik perhatian para peserta. Sandiaga S uno mengatakan ada empat subsektor  ekonomi kreatif  yang perlu dikembangkan demi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Diantaranya, seni pertunjukkan, karya, kuliner dan fashion. Dari empat itu, pilih salah satunya  dijadikan skala prioritas, selanjutnya dilakukan uji petik.

Sandiaga S Uno, minta kepada Pemko Pariaman untuk memilih satu subsektor  saja dari yang empat tersebut dijadikan skala prioritas. Dari satu yang dijadikan skala prioritas itu, kemudian lakukan uji petik. Melalui uji petik itu akan terlihat hasilnya. Hal ini harus dimulai dari sekarang, apabila belum dilakukan.

Kesempatan itu Sandiaga juga mengungkapkan 3G untuk bisa menjadi sukses,  pertama (Gercep) Gerak Cepat, kedua,(Geber) Gerak besar dan ketiga (Gaspol) Garap semua potensi yang ada. Hal ini penting dilakukan, karena Indonesia sedang pandemi Virus Covid-19. Ekonomi terpuruk. Apabila 3G ini dilakukan untuk, insyaallah bisa maju dan sukses di bidang ekonomi.

Sandiaga juga membeberkan kisah perjalanan sebagai pengusaha yang pernah bangkrut. Namun, dengan semangat yang kuat, Ia bisa kembali membangun usahanya dan berkembang. Akhirnya bisa mempekerjakan ribuan orang. “Jadi kunci sukses terletak pada 3G tersebut”, ucapnya

Sementara itu, Sandiaga juga minta kepada para pelaku usaha untuk memperhatikan kemasan produknya. Karena kemasan produk ini juga menjadi daya pikat bagi calon konsumen untuk membeli. Begitupun, jika diletakkan produk dengan kemasan yang bagus di etalase, muncul minat para konsumen untuk berbelanja.

Disebutkan Sandiaga S Uno, Kota pariaman sudah cukup dikenal sektor wisatanya. Tapi sektor ekonomi kreatif belum. Hendaknya, sektor ekonomi kreatif bisa dijadikan sebagai penopang sektor pariwisata. “ Maju sector pariwisatanya, berkebang ekonomi kreatifnya”, tukasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono mengatakan sepanjang yang disampaikan oleh Menteri Sandiaga S Uno, memang sangat perlu diterapkan di Kota Pariaman. Terkait empat sektor yang disebutkannya, Kota pariaman akan pilih satu sector menjadi skala prioritas. “nanti, kita pilih satu dari empat subsektor ekonomi itu menjadi skala prioritas di kota Pariaman”, terangnya. (agus)