Tak Berkategori  

Sastrawan Abrar Yusra Tutup Usia

Abrar Yusra
Abrar Yusra

PADANG – Sastrawan Abrar Yusra berpulang ke Rahmatullah, Jumat (28/8) pukul 07.50 WIB di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat dalam usia 72 tahun.

“Ya, ayah berpulang tadi pagi sekitar pukul delapan kurang di Rumah Sakit Daerah Bogor. Sekarang lagi mengurus keperluan administrasi di rumah sakit,” kata Zam, anaknya.

Abrar Yusra mememiliki 4 anak, tiga perempuan 1 laki-laki. Rencananya jenazah akan dibawa ke kampung halamannya untuk dikebumikan di Lawang, Agam.

Abrar Yusra, jurnalis asal Ranah Minang ini dirawat sejak mendapat musibah serangan stroke pada Senin (24/8).

“Abrar Yusra mengalami stroke dan infeksi paru,” kata Dr. Yoeswar Darisan yang langsung menanganinya.

Ia lahir di Lawang Agam 28 Maret 1943 adalah seorang wartawan dan penulis biografi Indonesia. Dia telah menulis banyak buku biografi para tokoh Indonesia, di antaranya biografi Selo Soemardjan, Azwar Anas, Amir Hamzah, A.A. Navis serta biografi Hoegeng yang dia tulis bersama Ramadhan K.H. dan biografi tokoh-tokoh Indonesia lainnya.

Sebelum menjadi penulis biografi, Abrar dikenal sebagai jurnalis. Ia pernah jadi managing editor selama 9 tahun di Harian Singgalang. Kemudian juga pernah menjadi guru di sekolah INS Kayutanam, sebelum menjadi wartawan.

Novelnya yang berjudul Tanah Ombak (2002) meraih penghargaan Hadiah Sastra Mastera (Masyarakat Sastra Asia Tenggara) kategori Karya Kreatif di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2003. (rel/aci)