Tak Berkategori  

Satu Meninggal, 12 Orang Positif Covid19 di Payakumbuh 

Bakhrizal (ist)

PAYAKUMBUH – Satu orang kembali dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19. Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh menyampaikan, tambahan satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia itu adalah F, laki-laki, 52, warga Kelurahan Ibuh, yang bekerja sebagai pekerja rumah makan dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

“Almarhumah telah merasakan gejala sejak tanggal 16 April lalu. Setelah dilakukan pengambilan tes PCR pada tanggal 21 April, mendiang dinyatakan positif Covid-19. Pada tanggal 23 April sebelumnya, beliau sempat mendapatkan perawatan di RSUD Adnaan WD. Karena kondisinya terus memburuk dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang dan menghembuskan nafas terakhir tadi. Dengan demikian sejak kasus pertama Covid-19 di Payakumbuh sudah 15 orang yang meninggal dunia sampai hari ini,” ujar Kadis Kesehatan Bakhrizal, kepada wartawan, Kamis (6/5).

Menurutnya, saat ini petugas masih melakukan tracking dan tracing. Dari tracing yang dilakukan dinkes Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada masyarakat, pada hari ini telah keluar hasil swab dari tracing tersebut, kembali ditemukan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 12 orang di Payakumbuh. Dan tujuh orang dinyatakan bebas isolasi di Payakumbuh.

“Dengan adanya penambahan kasus positif dan angka kematian itu, kita terus mengimbau dan mengingatkan warga agar tetap dan selalu menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Tetap waspada karena kasus semakin bertambah, jangan lupa jaga selalu protokol kesehatan dengan menerapkan 5M,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit (P3) Fitri, mengatakan, sampai hari ini data untuk Kota Payakumbuh didapati sebanyak 79 orang isolasi mandiri dirumah dan 13 orang dirawat di rumah sakit. “Dengan demikian sampai hari ini sudah 92 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Payakumbuh,” ungkapnya.

Untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampai hari ini adalah suspek sebanyak 6 orang, kasus konfirmasi sebanyak 1.053 orang, sembuh sebanyak 946 orang, isolasi sebanyak 79 orang, rawat sebanyak 13 orang, meninggal dunia sebanyak 15 orang, KE sebanyak 25 orang, discarded sebanyak 13.674 orang dengan total swab sebanyak 15.223 sampel. (bule)