Tak Berkategori  

Satu Pasien Covid-19 di Payakumbuh Meninggal

PAYAKUMBUH – Seorang pasien Covid-19 kembali meninggal dunia, Sabtu (10/7). Tambahan satu kasus itu, membuat angka kematian akibat virus corona di Payakumbuh menjadi 28 kasus.

Sedangkan untuk konfirmasi positif juga mengalami kenaikan. Ada sebanyak 20 kasus konfirmasi positif baru yang diumumkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Minggu (11/7) mengatakan, tambahan kasus meninggal dunia pasien positif Covid-19 adalah inisial AH, laki-laki, 72 tahun, warga Kelurahan Tanjung Pauh dan keseharian sebagai pensiunan.

“Almarhum telah merasakan gejala sejak Senin 5 Juli lalu. Kemudian dilakukan pengambilan sampel pada tanggal 9 Juli, dan dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 10 Juli. Ia meninggal dunia pada Jumat 9 Juli. Karena hasil swabnya keluar hari ini (Sabtu) maka datanya dicatatkan hari ini dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, dengan tambahan satu orang yang meninggal dunia, berarti sudah 28 orang yang meninggal dunia karena Covid-19 di Payakumbuh. Selain itu, terkait kasus konfirmasi positif Covid-19 juga terjadi penambahan.

“Dari tracing yang terus dilakukan Dinkes Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada masyarakat, dan hasil swabnya keluar hari ini, kembali ditemukan lonjakan kasus positif Covid-19 sebanyak 20 orang dan 9 orang dinyatakan bebas isolasi. Memang kita akui, beberapa hari ini kasus positif Covid-19 di Payakumbuh mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga kasus aktif terus naik menjadi 125 kasus,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, masyarakat jangan lagi menganggap sepele dan enteng masalah Covid-19 ini, dimana memang sudah sangat banyak sekali berita hoaks yang sangat meresahkan masyarakat. Sementara kasus positif dan meninggal semakin bertambah banyak di Payakumbuh.

“Saat ini kita masih di zona kuning, jangan sampai Payakumbuh juga diberlakukan pengetatan dari PPKM Mikro menjadi PPKM Darurat. Dimana kalai hal itu diberlakukan, maka semua aktifitas akan dibatasi. Maka dari itu, kita minta peran aktif masyarakat untuk terus mematuhi imbauan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan 3 M dan 5M,” katanya.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampi hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus konfirmasi sebanyak 1.672 orang, sembuh sebanyak 1.517 orang, isolasi sebanyak 114 orang, rawat sebanyak 11 orang, meninggal dunia sebanyak 28 orang, KE sebanyak 37 orang, discarded sebanyak 15.921 orang dengan total swab sebanyak 18.229 sampel. (bule)