padang  

Satu Rumah Warga Rawang Padang Hangus Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran Padang memadamkan api yang membakar rumah di Jaln Bukik Karam Bawah, RT001 RW006, Rawang, Padang Selatan, Minggu (18/9). (ist)

PADANG – Satu unit rumah permanen di Jalan Bukik Karan Bawah, RT 001 RW 006, Kelurahan Rawang, Padang Selatan hangus dilalap api, Minggu (18/9) sekitar pukul 07.52 WIB. Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah terancam kehilangan tempat tinggalnya.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal ketika salah seorang warga melihat api dan asap telah keluar dari rumah tersebut. Mengetahui kejadian, Abuliman (60) melaporkan peristiwa itu ke dinas pemadam kebakaran Padang.

“Saya pertamanya melihat asap dan api telah membesar di rumah tersebut. Mengetahui hal itu, saya langsung saja menelpon petugas pemadam,” kata Abuliman.

Tidak lama berselang dari laporan warga, enam unit armada kebakaran Dinas Pemadaman Kebakaran Padang, tiba di lokasi kejadian.

“Kita mendapat laporan sekitar pukul 07.52 WIB. Enam menit setelah mendapat laporan, kita sudah tiba di lokasi kejadian,” kata Kabid Operasi dan Sarprs Dinas Pemadam Kebakaran Padang, Sutan Hendra, kepada Singgalang.

Sutan Hendra mengatakan, petugas berhasil memadamkan api sekitar setengah jam. Setelah api berhasil dipadamkan petugas langsung melakukan proses pendinginan.

“Kita mengerahkan 40 personel untuk memadamkan api. Luas bangunan yang terbakar 7×10 meter, jumlah penghuni empat orang. Kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta,” ujar Sutan Hendra.

Terakhir Sutan Hendra mengatakan, saat proses memadamkan api, pihaknya mendapat kesulitan, karena akses jalan ke lokasi kejadian pemukiman padat penduduk, ditambah lagi akses jalan yang begitu sempit.

“‎Api telah berhasil kami padamkan. Empat bangunan yang terdampak, kerugian yang terselamatkan Rp800 juta. Untuk penyebabnya, kami tidak mengetahui, biarlah rekan dari kepolisian melakukan penyelidikan,” tutupnya. (109)