Tak Berkategori  

Sawahlunto Mulai Cairkan Dana Desa Tahap II

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

SAWAHLUNTO – Pemko Sawahlunto mulai mencairkan dana desa tahap kedua bagi 15 dari 27 desa, yang telah menuntaskan laporan keuangan tahap pertamanya.

“Sedangkan bagi 12 desa lainnya, meskipun telah menyerahkan laporan keuangan tahap pertama, namun pencairannya masih ditunda karena belum lengkap,” kata Kepala Bidang Perbendaharaan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Sawahlunto, Sardiana, Rabu (16/9)

Dia mengatakan, 15 desa yang telah mencairkan dana desa tahap II adalah Desa Muaro Kalaban, Lunto Barat, Lunto Timur, Pasar Kubang, Kubang Tangah, Kubang Utara Sikabu, Talago Gunung, Lumindai, Balai Batu Sandaran, Talawi Mudik, Talawi Hilir, Bukit Gadang, Silungkang Tigo, Batu Tanjung dan Rantih.

“Diharapkan dengan bimbingan dari loket pelayanan dinas, laporan dana desa tahap pertama tersebut rampung seluruhnya dan dana tahap kedua bisa dicairkan dalam minggu ini,” kata dia.

Total pencairan dana desa tahap kedua sebesar Rp3,276 miliar lebih atau mencapai besaran 40 persen dari total dana yang harus dicairkan untuk tahun anggaran 2015.

“Pelaksanaan pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahapan, yakni 40 persen pada tahap pertama, dilanjutkan 40 persen tahap kedua 20 persen di tahap ketiga,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Kota Sawahlunto Buyung Lapau mengatakan pelaksanaan dana desa tahap kedua hendaknya dapat sukses seperti tahap pertama, baik dari segi serapan keuangan serta dalam bentuk pertanggungjawaban berupa pelaporan penggunaan dana tersebut.

Sebab, laporan pertanggungjawaban keuangan berdampak pada pencairan dana desa tahap berikutnya. Jika terkendala pada laporan tahap pertama, akan berdampak pada penundaan pencairan dana kedua.

Menurutnya, jika menemukan kendala dalam penggunaan serta pelaporan dana tersebut, pihaknya sudah menyediakan loket pelayanan DPPKAD sebagai klinik konsultasi terkait administrasi keuangan.(*/aci)

sumber:antara