oleh

SEA Games 2019, Indonesia Tambah 15 Medali Emas

MANILA – Indonesia terus menambah pundi-pundi medali pada hari ke delapan SEA Games 2019, Minggu (8/12). Indonesia tercatat sudah menambah 15 medali emas hingga saat ini. Selain itu Indonesia juga mendapatkan tambahan 13 medali perak dan 20 medali perunggu.

Sebelumnya, medali emas Indonesia diraih dari cabang olahraga (cabor) menembak, perahu naga, panahan, dayung dan selancar hingga pukul 13.00 WIB. Akan tetapi, setelah itu ada cabor-cabor lain yang telah menyumbakan medali emas untuk Indonesia.

Cabor-cabor itu adalah panahan, selancar, boling, catur dan atletik. Cabor panahan menyumbangkan medali emas melalui atletnya Hendra Purnama yang turun di nomor individual recurve putra. Hendra meraih medali emas setelah mengalahkan Htike Lin Oo asal Myanmar dengan skor 6-4 di partai puncak.

Kemudian dari cabor selancar ada Hairil Anwar yang menundukkan rekan senegaranya, Rio Waida untuk mendapatkan medali emas di nomor shortboard open. Selanjutnya, medali emas dari cabor boling diberikan Muhammad Billy yang mengalahkan sesama atlet Indonesia, Ryan Leonard Lalisang pada partai puncak nomor masters event step ladder.

Setelah itu, tim ski air Indonesia yang terdiri dari Safira Widodo, Nur Priambodo, Emilia Hampp, Muhammad Putu, Ade Hermana dan Dimas Suprihono meraih medali emas di nomor cableski mixed team. Tidak mau ketinggalan, cabor catur turut mendulang dua medali emas di nomor catur kilat putra dan putri.

Susanto Megaranto meraih medali emas dari nomor catur kilat putra sedangkan Medina Aulia mencatatkan prestasi serupa di kategori putri. Sementara itu, medali emas terakhir yang didapatkan Indonesia hingga pukul 19.00 WIB hadir dari cabor atletik.

Adalah Maria Natalia Londa yang turun di nomor lompat jauh mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk meraih medali emas. Maria mencatatkan lompatan sejauh 6,47 meter (m) pada percobaan terakhir untuk menyegel medali emas ke-66 Indonesia di hari kedelapan SEA Games 2019.

Diwartakan okezone, Indonesia sekarang berada di posisi kedua pada klasemen sementara SEA Games 2019 berkat koleksi 205 medali dengan rincian 66 emas, 62 perak dan 77 perunggu. Sementara itu, tuan rumah Filipina masih duduk nyaman di posisi pertama dengan koleksi 274 medali. Kemudian di posisi ke tiga masih dimiliki Vietnam yang mengoleksi 192 medali. (aci)

Loading...

Berita Terkait