oleh

Sejumlah Pamen dan Pati Dimutasi

PADANG – Surat telegram (ST) Kapolri nomor: ST/3020/XI/KEP./2019 pada 8 November 2019 ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri, Irjen Eko Indra Heri, mengganti sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen).

Total 170 nama digeser di awal kepemimpinan Kapolri Jenderal Idham Aziz, salah satunya adalah Kombes Onny Trimurti Nugroho, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Sumbar.

Onny dimutasi ke Mabes Polri sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah staf pimpinan tinggi (sespimti) Polri. “Ya, saya masuk dalam TR itu dalam rangka Sespimti, “ujar Onny.

Pengganti Onny yaitu Kepala Sekolah Kepolisian Negara (Ka SPN) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Imam Kabut Sariadi. Posisi Imam selanjutnya diisi AKBP Sonny Mahar Budi Adityawan, Wakapolres Metro Jakarta Timur.

Seminggu setelah menjabat kapolri, Jenderal Pol Idham Azis langsung melakukan perombakan jabatan di internal Korps Bhayangkara. Puluhan perwira tinggi dan perwira menengah pun diganti.

Belasan perwira polisi berpangkat jenderal bintang satu hingga bintang tiga pun digeser. Di antaranya Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Firli yang kini dipromosikan menjadi Kabarhakam Polri.

Promosi ini termasuk kado manis bagi Firli. Sebab, pada jabatan barunya dia akan menambah bintang di pundaknya, dari dua menjadi tiga. Terlebih bulan depan dia pun akan dilantik sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.

Posisi Firli sebagai Kapolda Sumsel akan digantikan oleh Irjen Pol Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Pejabat lainnya yang dirotasi yakni, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri menjadi Korsahli Kapolri. Posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat Kapolda Bangka Belitung.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjadi Karobinkar SSDM Polri. Dedi digantikan oleh Kombes Argo Yuwono yang saat ini menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya. Untuk menggantikan posisi Argo di Polda, Idham Azis menunjuk Kombes Pol Yusri Yunus.

As SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri mengatakan, mutasi jabatan ini merupakan sesuatu yang wajar dilakukan. Sebab perpindahan ini dilakukan dalam rangka meneruskan kepemimpinan anggota yang pensiun, atau ditugaskan di luar struktur Polri. Sehingga penggantian dilakukan.

Dalam surat telegram ini disebutkan bahwa anggota yang mendapat promosi akan menjalankan tugas barunya selambat-lambatnya 14 hari setelah surat telegram dikeluarkan. (guspa)

Loading...

Berita Terkait