Tak Berkategori  

Sekitar 300 Ton Sampah Dibersihkan dari Pantai Padang

Alat berat dikerahkan untuk mengeruk sampah. (desrian)

PADANG – Pemko Padang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pariwisata bersinergi membersihkan tumpukan sampah yang diperkirakan mencaia 300 ton dibawa ombak ke Pantai Muaro Lasak, Rabu (29/1) pasca hujan deras dan naiknya pasang lau.

Sampah yang menghiasi di kawasan tersebut selalu terjadi pasca hujan deras yang cukup lama dan naiknya pasang laut, sehingga sampah yang mengendap di aliran sungai dan di dasar laut dibawa arus sungai dan ombak ke kawasan pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mairizon mengungkapkan, mengantisipasi sampah yang dibawa ombak tersebut, tiga instansi bekerja sama untuk membersihkan, yakni dengan menurunkan alat berat serta truk pengangkut sampah yang nantinya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin.

” Nantinya sampah sampah tersebut diangkut ke Air Dingin dengan truk agar kawasan pantai menjadi bersih,” jelasnya kepada Singgalang, Rabu (29/1).

Sampah tersebut kebanyakan sampah rumah tangga atau sampah domestik yang dibuang warga ke sungai, sehingga banyak yang menumpuk di dasar sungai hingga ke laut, kemudian pada cuaca buruk sampah tersebut kembali dikeruk arus.

Mairizon juga menuturkan, mengantisipasi warga yang membuang sampah di sungai maupun tidak di tempatnya, saat ini pihak DLH Padang memberikan insentif kepada warga yang melapor pelaku yang membuang sampah sembarangan seharga Rp.100.000 dengan bukti video, sehingga nantinya pelaku akan diberikan sanksi yang tercantum dalam Perwako nomor 109 tahun 2019. (rian)