oleh

Selain Solsel, Banjir Juga Terjang Empat Kecamatan di Dharmasraya

PULAU PUNJUNG – Akibat hujan deras, Kamis (12/12) malam hingga Jumat (13/12) pagi mengakibatkan empat kecamatan di Kabupaten Dharmasraya diterjang banjir dan longsor. Empat kecamatan tersebut, Kecamatan IX Koto, Pulau Punjung, Padang Laweh dan Timpeh.

“Di Kecamatan Pulau Punjung dan IX Koto, banjir telah memasuki rumah warga,” ungkap Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison saat dikonfirmasi singgalang, Jumat (13/12).

Kata Eldison, banjir tersebut juga membuat akses jalan satu-satunya dari Kecamatan IX Koto-Pulau Punjung tidak bisa dilewati karena air sungai Batanghari meluap dan menutupi beberapa titik jalan.

Beberapa rumah warga di Kampuang Surau, Kenagarian Gunung Selasih, dan Jorong Tabek Kecamatan Pulau Punjung terendam banjir. Kemudian, satu unit rumah diterjang longsor, tepatnya di Jorong Pakani Nagari Silago, Kecamatan IX Koto.

“Sementara untuk Kecamatan Timpeh dan Padang laweh masih dalam pendataan. Beruntung tidak ada korban jiwa, dalam bencana ini,” terangnya.

Lanjut Eldison, guna melakukan pertelongan dan pendataan, tim BPBD telah berada di lokasi bencana, temasuk di lokasi longsor di Nagari Silago.

“Untuk nilai kerugian atas dampak bencana ini, kita masih melakukan pendataan di lokasi,” jelasnya.

Kata Eldison, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan telah menghimbau warga Dharmasraya agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir dan longsor.

“Bupati telah menghimbau melalui surat edaran kepada camat dan pihak terkait agar diteruskan kepada walinagari dan masyarakat pada, Rabu (10/12) lalu,” katanya.

Ia juga menghimbau agar semua pihak segera berkoordinasi dengan BPBD Dharmasraya, walinagari, babinsa dan babinkamtibmas jika ada wilayah yang terdampak bencana, agar bisa dilakukan tindakan secepat mungkin. (ron)

 

Loading...

Berita Terkait