Tak Berkategori  

Seleksi PPN PNS Solsel Pakai Sistem CAT

Kasubag Administrasi Bawaslu Sumatera Barat, Mafral didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Solsel, Admi Munandar menyampaikan arahan terkait teknis seleksi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS). (Afrizal Amir)
Kasubag Administrasi Bawaslu Sumatera Barat, Mafral didampingi Kepala Sekretariat Bawaslu Solsel, Admi Munandar menyampaikan arahan terkait teknis seleksi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS). (Afrizal Amir)

PADANG ARO- Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Nomor 0065/SJ/KP.01.00/I/2019 tentang Rekruitmen Penambahan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS). Maka Sekretariat Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, menindak lanjuti dengan pelaksanaan ujian seleksi yang digelar di Sekretariat Panwascam Sungai Pagu, Sabtu (16/3).

Menurut Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, Admi Munandar, untuk rekrutmen PPNPNS ini, pihaknya telah mengumumkan dengan jadwal penerimaan berkas mulai 11 Februari hingga 20 Februari lalu.

“sesuai kaidah terkait penerimaan PPNPNS itu sendiri yang terbuka terbatas, Bawaslu Solsel telah mengumumkan rekrutmen di Sekretariat Bawaslu Solsel, dengan formasi pendidikan, Sarjana Hukum, Teknik Informatika dan Sarjana Ekonomi”, terang Admi Munandar.

Pada penerimaan PPNPNS tahun 2019 ini, Bawaslu Kabupaten Solok Selatan hanya mendapat kuota sebanyak 5 Pegawai. Meski demikian, belumlah terpenuhi kebutuhan pegawai untuk mendukung kegiatan di Sekretariat Bawaslu Kabupaten, tukuk Admi Munandar.

Dijelaskan Admi Munandar, sampai batas akhir penerimaan berkas, tercatat sebanyak 10 orang yang telah lulus pemberkasan administrasi. Maka Sabtu  dilaksanakan seleksi dengan system Computer Assisted Test (CAT) secara serentak. Meski sepuluh yang telah lulus seleksi administrasi, namun yang mengikuti seleksi hanya sebanyak 8 orang.

Sementara itu, Kasubag Administrasi Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Mafral, yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan seleksi PPNPNS Solok Selatan, menambahkan, terkait dengan soal seleksi, telah disiapkan dan terkoneksi lansung dengan Bawaslu RI.

Artinya sesuai mekanisme, para peserta seleksi sebelumnya telah didaftarkan ke Bawaslu Pusat, dan masing-masing peserta telah mendapat nomor ID kepesertaan untuk seleksi yang memakasi CAT ini. Selain itu, seleksi ini sendiri merupakan jadwal yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI, terang Mafral.

Adapun seleksi PPNPNS kali ini, akan dilaksanakan dua tahap, pertama tes tertulis system CAT, dan kedua tes wawancara. Sedangkan standar nilai adalah 40 untuk tes tertulis CAT, dan 60 tes wawancara.

Masih menurut Mafral, mekanisme pelaksanaan rekrutmen PPNPNS Bawaslu dan pelaksanaan tes system CAT ini telah terjadwal dari Bawaslu Pusat untuk seluruh kabupaten/kota di Indonesia.  (af)