Tak Berkategori  

Semangat Nasionalisme Harus Terus Dikobarkan

PADANG – Peringatan Hari Pahlawan harus menjadi momentum untuk meningkatkan semangat nasionalisme. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bagi generasi muda,  mengenal dan memahami perjuangan para pahlawan adalah kewajiban.

“Hal ini disebabkan dalam perjuangan banyak hikmah yang dapat dipetik. Semangat kepahlawanan yang telah diwujudkan oleh para pejuang merupakan amal perjuangan yang dipersembahkan kepada bangsa dan tanah air,” kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar Defika Yufiandra, Senin (9/11).

Dia menjelaskan, kemerdekaan Indonesia dicapai dengan perjuangan yang panjang dan sarat dengan pengorbanan dari putra dan putri terbaik bangsa. Mereka saat ini mendapat kehormatan dengan pemberian gelar “Pahlawan”. “Oleh karena itu sebagai anak bangsa sudah sepantasnya kalau kita menghargai jasa para pahlawan dan meneladani perjuangannya,” lanjutnya.

Mereka berjuang berdasarkan jiwa dan semangat rela berkorban untuk bangsanya. “Semangat juang yang menggelora, keberanian, rasa kesetiakawanan yang tinggi, strategi dan perhitungan

yang tepat, rela berkorban, sifat kegotongroyongan, cinta tanah air dan bangsa, tidak mengenal menyerah serta percaya pada kemampuan diri sendiri adalah nilai-nilai kepahlawanan yang masih relevan dan patut menjadi suri teladan bagi generasi muda,” jelasnya.

Menurut Managing Direcktor Kantor Hukum Indipenden ini, nilai-nilai kepahlawanan perlu dijunjung tinggi dengan penuh kebanggaan dan diamalkan dalam berbagai kegiatan pembangunan serta kehidupan sehari-hari. (arief)