oleh

Semarakkan HPN, Korem 032 Gelar Baksos di Mentawai

Korem 032/WRB mengadakan bakti sosial dalam rangka HPN. (ricky)

TUA PEIJAT – Semarakkan Hari Pers Nasional (HPN), Korem 032 menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) berupa pengobatan massal untuk masyarakat di Mentawai. Ditargetkan, 1.200 pasien dapat diobati pada kegiatan Baksos yang digelar pada 7 dan 8 Februari di RSUD Mentawai itu.

Dandim 0319, Letkol CZI Didid Yusnadi menyebutkan semua persiapan jelang Baksos sudah matang, tinggal menunggu kedatangan pasien yang akan berobat pada saat pelaksanaannya nanti.

“Pelaksanaan Baksos ini dalam rangka HPN yang kerja sama antara Korem, Artha Graha dan juga PWI. Disini Kodim hanya melaksanakan dan mengerahkan masyarakat dan Pemda terkait untuk pelaksanaan supaya lancar. Persiapan sudah matang, kita sudah matangkan, semua kita sudah gladikan, termasuk untuk pasien nanti mekanismenya bagaimana. Sudah kita gladikan juga,” kata Didid saat dikonfirmasi di Pendopo Bupati Mentawai, Selasa (6/2).

Meski penyelenggaraan Baksos ini dilaksanakan di RSUD Mentawai yang berlokasi di Kecamatan Sipora Utara, namun masyarakat di kecamatan-kecamatan lainnya juga bakal didatangkan oleh Pemkab Mentawai ke lokasi pengobatan.

“Sudah ada pasien yang dari luar Pulau Sipora, ada yang dari Siberut, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Kemudian juga ada dari Sioban. Sudah difasilitasi Pemda untuk transportasi selama menuju ke Tuapejat. Target 1.200 pasien, namun tidak menutup kemungkinan itu bakal bertambah jumlahnya,” tuturnya.

Terpisah, Camat Sipora Utara, Narman Ulian, mengharapkan kegiatan Baksos ini tak hanya dilakukan sekali saja, mengingat masih banyaknya masyarakat di daerah terpencil yang kurang mendapatkan perhatian medis karna faktor geografis yang terpisah oleh beberapa pulau.

“Kita harapkan kegiatan ini hendaknya bukan hanya satu atau dua kali. Kalau boleh kita ini di Kepulauan Mentawai bolehlah sering-sering untuk melaksanakan pengobatan seperti ini, karna sulit untuk dijangkau, baik itu masyarakat kita di daerah-daerah atau desa-desa, sulit untuk dijangkau,” tukas Narman Ulian.

Dari pantauan Singgalang, di lokasi pengobatan massal ini sudah disiapkan beberapa tenaga medis dari Artha Graha Peduli, Buddha Suci dan Rumah Sakit Tentara (RST) Dr. Reksodiwiryo. Selain itu, personel Kodim 0319 dibantu Polres Mentawai dan jajaran pemerintahan setempat juga turut membantu mempersiapkan lapangan hellypad yang direncanakan sebagai landasan helikopter bagi jajaran kementerian yang akan menghadiri kegiatan Baksos tersebut. (Ricky)

Loading...

Berita Terkait