Semen Padang Berkomitmen Perangi Fraud

×

Semen Padang Berkomitmen Perangi Fraud

Sebarkan artikel ini
Direktur PT Semen Padang Yosviandri bersama Komisaris dan jajaran direksi saat acara seminar hari Anti Korupsi tahun 2018 di Wisma Indarung PT Semen Padang, Kamis, (13/12).(ist)

Ketua komite khusus berintegritas Kadin Rahmat Junaidi mengatakan pertumbuhan korupsi di Indonesia cukup besar. Hal ini berada dalam permainan segitiga, yakni pengusaha, legislatif, dan eksekutif.

“Hal itu bisa dicegah dengan melakukan komitmen pencegahan wajib dari semua tingkat karyawan yakni dengan komitmen, perencanaan sistem, implementasi sistem, evaluasi dan peningkatan perbaikan sistem pengetahuan, dan laporkan,” katanya.

Ketua Pelaksana kegiatan, Ghufron Vebrianto mengatakan, kegiatan ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan bagi PT Semen Padang.

Ia mengatakan ada puluhan laporan dalam rentang waktu 2016 s/d 2017 yang masuk ke pihaknya.

Baca Juga:  The NextDev Hub Virtual Talks, Telkomsel Dorong Komunitas Startup untuk Berinovasi

“Hal ini berkaitan dengan laporan fraud yang masuk ke perusahaan yang diterima langsung oleh pelapor. Laporan fraud berupa jam tangan, emas batang, mata uang dalam bentuk dolar dan euro. Semua laporan itu kita terima dan laporkan ke Semen Indonesia sebagai induk BUMN. Nantinya Semen Indonesia yang melaporkan hal itu kepada KPK. Sehingga barang yang kita terima di proses langsung oleh negara,” jelasnya. (yose)