Semen Padang Telah Banyak Membantu, Walikota Minta Warga Padang Bersyukur

Walikota Padang Mahyeldi menandatangani penyerahan lokal SMPN 38 Padang. (*)

PADANG – PT Semen Padang selama ini telah banyak memberikan perhatian terhadap masyarakat Padang. Oleh karena itu, masyarakat perlu mensyukuri dan memberikan dukungan pada PT Semen Padang agar perusahaan ini terus berkembang. Demikian terangkum dari pernyataan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada acara penyerahan tiga ruang kelas SMP Negeri 38 Padang yang dibangun Semen Padang di Tarantang, Rabu (11/7/2018).

“Semen Padang setiap waktu, setiap bulan dan setiap tahun selalu mengucurkan bantuan dan dukungannya pada masyarakat Kota Padang, termasuk Lubuk Kilangan, Lubeg dan Pauh. Untuk itu, mari syukuri apa yang diberikan Semen Padang ini,” kata Walikota pada acara yang dihadiri Dirut PT  Semen Padang Yosviandri, Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan, Oktoweri, Kabiro Komunikasi dan Umum Nur Anita Rahmawati, Camat Lubuk Kilangan  Yalmasri, tokoh masyarakat Luki, para lurah, dan pihak terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, PT Semen Padang juga dilakukan peresmian Pamsimas dan pemakaian Kantor Forum Nagari Kelurahan Tarantang. Tiga ruang belajar  SMP Negeri 38 dibangun Semen Padang melalui program Basinergi Membangun Nagari dengan anggaran Rp605 juta. Sedangkan untuk program Pamsimas, Semen Padang membantu Rp64 juta, dan Kantor Forum Nagari, Rp151 juta. Sebelumnya, Semen Padang juga membangun jembatan gantung menghubungkan  Baringin-Koto Lalang dengan anggaran Rp440 juta.

Walikota Padang Mahyeldi pada kesempatan itu mengapresiasi PT Semen Padang yang telah membangun tiga ruang kelas di SMP Negeri 38 Tarantang, yang sudah dimanfaatklan oleh anak-anak SMP untuk aktivitas belajar. Oleh sebab itu, mewakili Pemko Padang, Mahyeldi menyampaikan terimakasih kepada Semen Padang yang terus menunjukkan komitmennya sebagai perusahaan peduli pendidikan di Kota Padang, bahkan Sumbar umumnya.

Program BMN

Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri menyebut hawa bantuan tiga ruang kelas, Pamsimas dan kantor Forum Nagari Tarantang ini merupakan  program Basinergi Mambangun Nagari yang di dalamnya terdapat empat pilar, yaitu Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Elok Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Campin Nagari.

Dari masing-masing pilar itu, kata dia, diwujudkan program nyata yang disusun bersama Forum Nagari yang dibentuk dari seluruh elemen masyarakat.

Untuk di Lubuk Kilangan sendiri, saat ini sudah ada tujuh kelurahan yang secara konsisten bersinergi dengan CSR dalam menyusun program  pemberdayaan untuk masyarakat.

“Nah, beberapa program Basinergi Mambangun Nagari itu adalah yang diresmikan hari ini, termasuk program Pamsimas dan Kantor Forum Nagari di  Kelurahan Tarantang di ini,” ujar mantan alumni Fakultas Teknik Universitas Unand tersebut.

Sementara itu, Ketua Forum Nagari Tarantang, Ruslim, menyebut keberadaan Semen Padang di Lubuk Kilangan, Kota Padang, berdampak besar bagi  masyarakat lingkungan, termasuk Kelurahan Tarantang. Salah satunya, adanya bantuan pembangunan Pamsimas.

Penyerahan tiga ruang kelas SMP Negeri 38 Padang, peresmian Pamsimas dan Kantor Forum Nagari Tarantang tersebut merupakan rangkaian HUT ke-60 pengambilalihan pabrik Semen Padang (nasionalisasi).

HUT Nasionalisasi Pabrik Semen Padang diperingati setiap tahun pada 5 Juli. Nasionalisasi pabrik dari tangan Belanda ini menandai pengelolaan pabrik yang kini berusia 108 tahun itu di bawah putra putri terbaik bangsa. PT Semen Padang didirikan pada 18 Maret 1910 dan telah berkontribusi  besar terhadap kemajuan bangsa dan negara. (arief)

Loading...