Tak Berkategori  

Seminggu Jelang Lebaran, Telkomsel Kembali Nyatakan Kesiapan Jaringan   

Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung bersama Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel Andrias Indra dan Vice President Business Support Area Sumatera Telkomsel Andry Firdiansyah. (*)
Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung bersama Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel Andrias Indra dan Vice President Business Support Area Sumatera Telkomsel Andry Firdiansyah. (*)

MEDAN – Telkomsel kembali menyatakan kesiapan jaringannya di dalam menghadapi lonjakan trafik mendekati puncak masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2016.  Sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar. Hal ini meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register).

Kapasitas VLR di tahun ini ditingkatkan menjadi 65,5 juta, sedangkan HLR lebih dari sebesar 94,8juta subscribers. Kapasitas SMS yang disiapkan lebih dari 81.500 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,2 miliar SMS dan untuk kapasitas MMS sekitar 4 juta MMS per hari.

Untuk kapasitas layanan data di Sumatera jaringan Telkomsel telah memiliki lebih dari 26.300 BTS (Base Transceiver Station), baik 2G, 3G dan 4G dimana sebanyak lebih dari 40% diantaranya merupakan BTS 3G (Node-B) ditambah dengan lebih dari 580 BTS 4G (eNode-B), yang mampu melayani payload sebesar 915 TB.

Khusus untuk momen RAFI  tahun ini, dalam upaya menjaga kualitas jaringan, Telkomsel membangun sekitar 46 BTS baru  serta menyiagakan 16 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) di tempat-tempat keramaian dengan arus komunikasi yang padat.

Telkomsel mengidentifikasi sebanyak 192 titik layanan PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas) yang meliputi bandara, stasiun kereta api, tempat ibadah, mall tempat wisata dan pusat keramaian dimana di titik-titik tersebut Telkomsel akan berupaya untuk memaksimalkan layanan yang diberikan, khususnya layanan data.

Tidak hanya itu, untuk memastikan pelanggan mendapatkan akses pelayanan dengan mudah, Telkomsel pun siap dengan layanan siaga dengan menggelar 115 GraPARI dan 125 Mobile GraPARI, 38 branch office, dan  Call Center dengan pelayanan 24 jam 7 hari seminggu, serta pelayanan di channel digital baik akun Facebook atau Twitter. (rahmat)