Tak Berkategori  

Seminggu Lagi UN SMA, Hindari Kecurangan

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno menginstruksikan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dilaksanakan jauh dari kecurangan. Instruksi tersebut telah dituangkan melalui surat edaran yang dikirim pada bupati/walikota.

“Edaran minggu lalu sudah dikirim untuk diteruskan ke sekolah-sekolah agar melaksanakan UN berintegritas. Ada 5 poin dalam surat itu. Pada intinya untuk siswa jangan mencontek,” ungkapnya, Selasa (29/3).

Menurutnya, selama UN berlangsung diperkirakan akan beredar bermacam kunci jawaban yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab, dengan tujuan mendapat keuntungan. Untuk itu siswa diimbau tidak tergiur dengan penyebaran kunci jawaban yang justru menyesatkan. Para orang tua juga diminta memotivasi putra-putrinya untuk belajar menghadapi UN dengan penuh kejujuran.

“Kunci itu dijual untuk mendapat keuntungan. Kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Siswa harus percaya dengan kemampuannya dan orang tua harus mendorong,” harapnya.

Ketua Pelaksana UN Sumbar, Nasmeri mengatakan, UN bukan lagi penentu kelulusan, sehingga jangan lagi dianggap sebagai momok. Hal yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan UN tahun ini adalah terselenggaranya UN yang berintegritas. (yose)