oleh

Semua Pihak Diminta Ciptakan Suasana Aman

Irwan Prayitno. (antara)
Irwan Prayitno. (antara)

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno berharap semua pihak untuk menciptakan suasana aman dan nyaman agar umat Islam dapat lebih khusuk melaksanakan ibadah Ramadhan.

“Pedagang sejak awal diingatkan pula jangan membeli kembang api, mercon dan sejenisnya untuk kemudian dijual lagi,” kata Irwan, Rabu (3/6).

Terkait hal tersebut, gubernur sudah membuat surat edaran 332/382/TUTM/VI/Satpol PP-2015 tertanggal 1 Juni 2015 yang ditujukan kepada bupati/walikota se-Sumbar.

Melalui stakeholder terkait, restoran hingga warung kelambu dan sejenisnya yang buka siang hari selama Ramadhan, ditertibkan. Sedangkan restoran/bar/kace di hotel-hotel dan penginapan serta sejenisnya disesuaikan dengan suasana Ramadhan.

Kemudian diharapkan pula melakukan pembinaan kepada pemilik atau pengelola sarana dan prasarana hiburan baik siang maupun malam yang difasilitasi sounsystem dan elektronika lainnya yang dapat mengganggu kekhusukan dalam beribadah.

“Kepada masyarakat nonmuslim, agar senantiasa menjaga dan saling menghormati dengan umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa,” tambah Plt. Kepala Satpol PP Sumbar, Afrin Jamal yang didampingi Sekretaris Satpol PP Sumbar, M. Jalil.

Khusus hiburan malam, ditekankan pula oleh Afrin agar dapat ditaati dan tidak menganggu pelaksanaan ibadah Ramadhan. Sebab ia tidak ingin, ada ormas-ormas yang nanti bertindak anarkis dengan memak­sa pengelola menutup tempat hiburan tersebut. Pada banyak daerah, tindakan main paksa ini sering terjadi.

“Di Sumbar selama ini aman-aman saja. Rasa toleransi umat beraga­ma, tinggi. Tapi kita tetap mengingatkan terus,” ujar Afrin. (pepen)

Loading...

Berita Terkait