Tak Berkategori  

Serentaknya Awal Ramadhan Tahun Ini karena Fenomena Alam

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan serentaknya awal Ramadhan 1436 Hijriah/2015 Masehi salah satu sebabnya karena fenomena alam.

“Kita sama karena fenomena alam, keberadaan hilal (bulan) itu sendiri. Ini karunia Allah yang meletakkan posisi hilal sedemikian rupa sehingga Ramadhan di Indonesia bisa bersamaan,” katanya.

Pihaknya sangat bersyukur dengan karunia itu. Selanjutnya, Kemenag bersama ormas Islam dan ahli astronomi akan terus berupaya dalam menyamakan cara pandang dalam memandang hilal.

Hilal sendiri sangat menentukan waktu ibadah bagi umat Islam sehingga keberadaannya sangat penting. Dengan melihat atau menghitung posisi hilal ini dapat ditentukan waktu shalat, awal dan akhir puasa dan ibadah lainnya yang merujuk pada waktu peredaran bulan.

Pemerintah juga baru saja secara resmi menetapkan 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015. Dengan begitu, tidak ada perbedaan awal puasa dengan salah satu ormas Islam yang beberapa kali tidak sama dengan pemerintah, yaitu Muhammadiyah.(*/aci)

sumber:antara