Setelah Menjangkau 3 Juta Pengguna, Kini Aplikasi Mapan Hadir di Padang

×

Setelah Menjangkau 3 Juta Pengguna, Kini Aplikasi Mapan Hadir di Padang

Bagikan berita
Foto Setelah Menjangkau 3 Juta Pengguna, Kini Aplikasi Mapan Hadir di Padang
Foto Setelah Menjangkau 3 Juta Pengguna, Kini Aplikasi Mapan Hadir di Padang

JAKARTA - Setelah 12 Tahun berkiprah dengan 3 juta penggunanya di Jawa dan Bali, kini "Aplikasi Mapan" hadir Di Padang (Sumbar) dan Sumatera umumnya, serta Sulawesi untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup perekonomian ibu-ibu rumah tangga.Hendra Tjanaka, CEO Mapan kepada singgalang.co.id, Jumat (31/12) mengungkapkan Mapan didirikan di Indonesia sejak 2009 dan menjadi pionir penyedia layanan aplikasi arisan digital sejak 2015. Sejak itu, Mapan telah membantu lebih dari ratusan ribu ibu di Indonesia untuk mendapatkan berbagai keuntungan guna membantu ekonomi rumah tangganya dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dikatakan, Mapan adalah sebuah aplikasi asli karya anak bangsa yang berfokus pada misi menciptakan jutaan keluarga Indonesia untuk bisa mencapai hidup yang mapan dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Beberapa layanan yang disediakan seperti Mapan Arisan, Mapan Pulsa dan dan Mapan Mart."Salah satu produk yang menjadi andalan dari para penggunanya adalah Mapan Arisan," ungkap Hendra. Salah satu kisah luar biasa dari pengguna aplikasi Mapan yang akhirnya bisa meningkatkan kualitas hidup mereka dan mencapai hidup sejahtera adalah Ibu Eka Uswatun asal Ciomas.

Hendra menuturkan, Ibu Eka terdaftar sebagai Mitra Usaha Mapan (MUM) sejak 2017. Sebelum menikah, Ibu Eka bekerja sebagai karyawan di sebuah bank swasta dan memutuskan untuk fokus ke keluarganya setelah menikah.Saat pandemi melanda Indonesia pada 2020, Bu Eka berhasil memanfaatkan jaringan komunitas yang

yang pernah ia bangun melalui aplikasi Mapan dan memanfaatkan semua layanan di aplikasi Mapan seperti Mapan Arisan, Mapan Pulsa, dan Mapan Mart untuk bisa menghasilkan pendapatan yang akhirnya bisa membantu perekonomian rumah tangganya yang terdampak pandemi."Kini, alhasil selama pandemi, Ibu Eka bisa membayar cicilan utang, merenovasi rumah, menabung, dan mengedukasi ibu-ibu lain disekitarnya untuk bisa mandiri dan produktif secara finansial," paparnya.

“Sejak didirikan 2009, kami sudah melihat sendiri dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkan dari 3 juta pengguna dan ratusan ribu Mitra Usaha Mapan, salah satunya adalah Ibu Eka Uswatun, seorang Ibu yang berhasil menembus batas demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik untuk keluarga dan lingkungannya. Untuk itu, kami ingin menciptakan dan mengajak lebih banyak Ibu Eka Uswatun lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia," beber Hendra.Maka dari itu, tambah Hendra, pihaknya terus bergerak untuk menjangkau lebih banyak orang melalui perluasan wilayah layanan "Aplikasi Mapan" termasuk Padang (Sumbar) dan wilayah Sumatera pada umumnya.

Hendra mengungkapkan, layanan yang tersedia didalam aplikasi Mapan, salah satunya adalah Mapan Arisan. Masing-masing anggota arisan dapat memilih barang yang berbeda antara satu dengan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota. Terdapat berbagai macam pilihan barang mulai dari peralatan masak, furnitur, hingga kebutuhan pendukung usaha rumahan. Barang-barang tersebut bisa dipilih langsung di dalam aplikasi Mapan Arisan atau melalui katalog Mapan.Ia menyebutkan Mapan bekerja sama dengan merek-merek sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Polytron, Cosmos, Philips, Maspion, Tupperware, Sophie Martin, Brunbrun, Happycall, Uniland, Miniso, Homyped, Carvil, Zoya, Bodypack, Exsport, Technoplast, Supra, dan ratusan merek terkenal lainnya.

"Hal ini dilakukan demi menjaga dan menjamin kualitas barang yang didapatkan oleh pengguna aplikasi Mapan. Produk yang disediakan didalam Mapan Arisan memiliki jaminan garansi produk resmi serta jaminan ketersediaan barang. Setelah memilih barang, seluruh sistem kocokan arisan akan dilakukan secara digital setiap bulannya untuk menentukan nama yang mendapatkan barang pilihannya di kocokan tersebut.Menurutnya, pengguna Mapan Arisan hanya tinggal memesan barang lewat aplikasi dan barangnya nanti akan datang didepan pintu rumah mereka, dan bahkan tingkat keberhasilan pengiriman selama 2021 sebesar 99.5%. Layanan lainnya adalah Mapan Pulsa dimana pengguna bisa mendapatkan pulsa, paket data, voucher vgvgglistrik, dan produk-produk lain yang akan terus ditambahkan dengan jaminan harga terbaik. Sedangkan untuk layanan Mapan Mart, penggunanya bisa mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau dan bahkan dibawah harga retail pada umumnya.

“Kami ingin produk kami menjadi one-stop-solution untuk para Mitra Usaha Mapan (MUM) dan dampaknya bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di Indonesia, seperti halnya juga untuk masyarakat Kota Padang. Terutama bagi orang-orang yang belum memiliki akses ke layanan finansial konvensional. Kami menjembatani itu dengan teknologi” ucap Hendra, sembari menambahkan untuk bisa bergabung menjadi Mitra Usaha Mapan (MUM), masyarakat Kota Padang bisa mengunduh aplikasi Mapan yang ada di Google Play Store, membuat kelompok yang terdiri dari saudara atau kerabat terdekat, dan memilih barang kebutuhan impian serta ada kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lainnya."Panduan jitu menjadi Mitra Usaha Mapan juga bisa diakses di www.mapan.id. Khusus untuk masyarakat Kota Padang, bisa mendapatkan voucher diskon Mapan Arisan spesial yaitu PADANG15 (S&K Berlaku). Bersama Mitra Usaha Mapan dan merek-merek terkenal lainnya, Mapan akan terus berjalan bersama untuk mencapai satu tujuan besar yaitu memperluas jangkauan layanannya sampai ke seluruh Indonesia dan menciptakan jutaan keluarga Indonesia yang memiliki kualitas hidup yang lebih baik," pungkas Hendra Tjanaka. (Ym)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini