Tak Berkategori  

Setya Novanto Bantah Suaranya dalam Rekaman

Setya Novanto (okezone.com)

JAKARTA – Kejaksaan Agung menyatakan eks Ketua DPR RI Setya Novanto membantah ada suaranya dalam rekaman PT Freeport Indonesia bersama Maroef Sjamsuddin yang saat itu menjabat Presdir PT FI dan pengusaha Riza Chalid.

Dari laporan penyelidik dan JAM Pidsus, ada beberapa hal yang dipungkiri oleh Setya Novanto, termasuk suara rekaman, kata Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta, Jumat (5/2).

Setya Novanto pada Kamis (4/2), memenuhi panggilan penyelidik Kejagung untuk dimintai keterangan terkait rekaman PT FI hingga diduga telah terjadi pemufakatan jahat.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya akan mencocokkan dengan saksi-saksi lainnya serta dari bukti lain.

Rekaman suara itu sendiri, kata dia, sudah diperiksa dan diverifikasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan dinyatakan benar suara dalam rekaman itu adalah suara Setya Novanto.

Tentunya kalau dia tidak mengakui, itu merupakan hal itu. Tentunya akan kita cocokkan dengan fakta, bukti-bukti dan saksi-saksi lain, katanya.

Ia menyebutkan proses permintaan keterangan terhadap Setya Novanto pada Kamis (4/2) belum semuanya tergali hingga nantinya akan dijadwalkan kembali pada pemeriksaan selanjutnya.

Kejagung telah meminta keterangan kepada Maroef Sjamsuddin, Menteri ESDM Sudirman Said dan Sekjen DPR RI.

Bahkan rekaman tersebut sudah dipegang oleh Kejagung yang merupakan pinjaman -bukan penyitaan- dari Maroef Sjamsuddin. (*/lek)

Sumber:antara