Tak Berkategori  

Sidak di Lapas Painan, 5 Napi Positif Narkoba

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

PAINAN – Inspeksi mendadak (Sidak) dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso.

Sejumlah petugas Sipir dan Narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Painan mengikuti tes urine, Kamis (27/7). Dari 100 Napi Rutan Klas II B Painan yang dites, sebanyak 5 orang positif mengkonsumsi narkoba. Sementara, sebanyak 24 petugas sipir negatif

“Sidak kali ini, terkait adanya sejumlah laporan dan pemberitaan di media massa tentang lemahnya pengawasan di dalam Rutan Klas II B Painan,” sebut Dwi Prasetyo Santoso.

Dalam kurun waktu lima bulan ini, kita sudah melakukan Sidak sebanyak 24 kali, dari target 26 keseluruhan kabupaten/kota.

“Selanjutnya yang menjadi sasaran kita adalah Maninjau dan Lubuk Sikaping. Jadwalnya tidak kita tentukan, yang jelas dalam waktu dekat ini,” sebutnya.

Ia menegaskan, tidak ada tebang pilih dalam melakukan penindakan hukum. Jika nanti terbukti ada terindikasi oknum petugas memakai narkoba, maka akan langsung dipecat. Kemudian bagi penghuni lapas/rutan yang terbukti mengkonsumsi narkoba, maka akan dipindahkan ke Nusakambangan. (son)