Tak Berkategori  

Sikapi Imbauan Wako Bukittinggi, PKL mulai pindah ke area BTC

BUKITTINGGI – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang biasanya berjualan di trotoar di sekitar Banto Trade Centre (BTC) Bukittinggi akhirnya memilih pindah ke dalam lokasi BTC untuk berjualan.

Hal itu untuk menyikapi imbauan Pemko Bukittinggi agar tidak lagi berjualan di atas fasilitas umum seperti trotoar di sekitar BTC.

Untuk pindah ke area BTC itu para pedagang mengaku sudah mendapat izin dari pihak ketiga yang mengelola arel  BTC itu.

“Kita sudah di izinkan  ke pihak ketiga yang mengelola areal BTC itu untuk dapat berjualan di dalam, sehingga kita langsung pindah dan tidak lagi memakai trotoar,” ujar  Yuni (51) salah seorang PKL yang ditemui Singgalang, Sabtu (10/7)

Dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak ketiga BTC itu mereka sudah mulai merasa nyaman berjualan di dalam dan tidak lagi dihantui penertiban oleh petugas.

Selama ini berjualan di trotoar selalu dihantui penertiban oleh petugas dari Satpol PP.

Karena itu pihaknya bersyukur dan  berterima kasih kepada pihak ketiga BTC yang telah memberikan fasilitas berjualan di area BTC tersebut.

Sementara Bayu, selaku pihak ketiga yang mengelola Area BTC itu kepada Singgalang mengaku memberi izin kepada para PKL itu untuk berjualan di dalam.

Sebab mereka merasa tidak nyaman berjualan di trotoar dan badan jalan di sekitar BTC itu, karena dihantui penertiban oleh petugas.

“Menyikapi permintaan PKL itulah kita siapkan lokasi untuk menampung PKL itu,”ujarnya.

“Kita berharap setelah PKL itu masuk ke area BTC, tidak ada lagi PKL yang berjualan memakan fasilitas umum di sekitar BTC itu, sebab hal itu sangat rawan kecelakaan dan mengganggu ketertiban umum,” tegasnya.

Sebelumnya Walikota Bukittinggi telah menghimbau kepada PKL agar tidak memakai fasilitas umum untuk berjualan.

Pantauan Singgalang sejak Sabtu (10/7)  pagi para pedagang kaki lima tidak lagi memadati trotoar dan badan jalan di sekitar BTC, apalagi di lokasi itu juga dipasang pengumuman tidak berjualan di sepanjang jalan sekitar BTC itu serta dipasang tali.

Kondisi itu jauh berbeda dengan hari hari sebelumnya terutama pada hari pekan seperti Rabu dan Sabtu. (gindo)