oleh

Silek Jadi Warisan Dunia, Ricky Donals: Berkah di Penghujung Tahun untuk Indonesia

JAKARTA – Silek jadi warisan dunia diputuskan Unesco PBB, Kamis (12/12) kemarin. Wakil Ketua LKAAM Sumbar Ricky Donals Nazir Dt Paduko Marajo sekaligus ninik mamak pemangku adat dan warisan budaya mengatakan, hal itu berkah di pengujung tahun bagi Indonesia.

“Saya tahu persis perjuangan untuk menjadi warisan dunia dari PBB tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ujar Dt Rucky lewat whatsapp kepada media di Sumbar, Jumat (13/12).

Datuk Paduko Marajo mengatakan, butuh proses panjang dan menghabiskan energi sebelum Unesco memutuskan melakukan kajian komprehensif hingga ‘stadium empat’. Tapi, ujung proses itu happy ending. Silek di Minangkabau atau Silat bahasa nusantaranya resmi menjadi warisan dunia.

“Tidak lagi Indonesia saja yang menjaga, PBB pun siap jaga keluhuran silat itu,” ujar pengusaha nasional ini.

Kata Ricky Donals Nazir Datuk Paduko Marajo, silek minang itu tak sekedar olahraga beladiri. Sesuai sifatnya, pada silek minang juga punya nilai-nilai luhur lain selain olahkanuragan saja.

Silek juga punya nilai solidaritas dan memicu prilaku gotongroyong termasuk mengandung ajaran Islam. “Silek dulu menjadi peletak dasar budi perkerti anak minang. Bahkan dulu, belum bisa merantau sebelum putus kaji, artinya paham Alquran dan bisa silek,” ujarnya.

Seperti diinfokan, Gubermur Sumbar Irwan Prayitno langsung dari Bogota Kolombia, Kamis pukul 08.59 peserta sidang khusus Unesco mensahkan Silat menjadi warisan dunia tanpa benda. (rel)

Loading...

Berita Terkait