Simak 7 Dampak Buruk Mengunyah Permen Bagi Kesehatan Ini

Ilustrasi (net)

MENGUNYAH permen karet dipercaya dapat meningkatkan suasana hati (mood) dan mencegah stres. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mengunyah permen karet juga dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Jadi sebelum Anda melanjutkan kebiasaan tersebut, simak dulu 7 dampak buruk mengunyah permen karet pada kesehatan, sebagaimana dilansir dari Times of India, Selasa (10/7).

Gangguan pada rahang
Pasien yang menderita Disfungsi Sendi Temporomandibular (TMJ), disarankan untuk menghindari mengunyah permen karet. Pasalnya, mengunyah permen karet yang berlebihan akan memperberat tulang rawan dan sendi disekitar rahang yang akan menyebabkan gangguan di dalam mulut Anda.

Menggunakan pemanis buatan
Sejumlah produsen mengklaim bahwa produk mereka cenderung bebas gula dan aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Namun pada kenyataannya, sebagian besar permen karet justru mengandung pemanes buatan (aspartame) yang dapat menyebabkan kerusakan pada gusi, tumor otak, kanker, hingga cacat lahir.
Menurut para ahli, setidaknya ada delapan otot yang berbeda pada wajah manusia. Jika Anda terlalu sering mengunyah permen karet akan menyebabkan sakit kepala yang berlebihan.

Menggunakan bahan buatan
Selain menggunakan pemanis buatan, sebagian besar bahan untuk membuat permen karet sebetulnya tidak sesuai dengan tabel nutrisi yang tertera pada kemasannya. Ini bisa membahayakan kesehatan, mengingat kandungan atau senyawa yang terdapat dalam makanan tersebut akan mengalir melalui aliran darah sehingga dapat memicu permasalahan pencernaan dan usus.

Menyebabkan bau mulut
Jika Anda berpikir mengunyah permen karet dapat menyegarkan dan menghilangkan bau mulut, Anda salah besar. Menurut para ahli, permen karet sebetulnya hanya menutupi bau mulut. Pada dasarnya, bau mulut adalah gejala yang muncul akibat masalah pencernaan atau pembusukan gigi pada mulut Anda.

Menghambat metabolisme
Sadar atau tidak, permen karet sebetulnya dapat merangsang produksi air liur untuk waktu yang sangat lama. Secara tidka langsung hal tersebut akan memengaruhi fungsi metabolisme tubuh.

Menyebabkan sakit perut
Mengunyah permen karet juga akan membuat udara yang masuk ke dalam tubuh menjadi berlebihan. Akibatnya, tekanan pada usus akan meningkat sehingga menyebabkan kram perut dan kembung. (aci)