Tak Berkategori  

Sisa Api Pendaki Diduga Picu Kebakaran di Gunung Talang

Hutan di sekitar Gunuang Talang terbakar (rusmel)
Hutan di sekitar Gunuang Talang terbakar (rusmel)

PADANG – Diduga sisa api atau puntung rokok para pendaki membuat puncak Gunung Talang di Kabupaten Solok terbakar sejak tadi pagi.

“Tadi dikira ada letusan Gunung Talang tapi setelah terus diamati ternyata puncak Gunung Talang yang terbakar, info sementara diduga sisa api unggun atau mungkin puntung rokok para pendaki yang masih tersisa apinya,” ungkap Pengamat Gunung Talang di Solok, Seprius, Kamis (1/2).

Puncak Gunung Talang yang terbakar itu ada tiga titik, yaitu bagian sisi selatan, tenggara dan timur dan dekat kawah gunung. “Sampai saat ini panjang yang terbakar itu ada sekira 1 kilometer dan sudah mendekati kawasan hutan lindung,” terang Seprius dikutip dari okezone.

Untuk memadamkan api, sambung Seprius, ada dua cara membuat selokan agar api tidak menjalar ke daerah lain kemudian bisa dipadamkan dengan helikopter. “Kalau memakai mobil pemadam kebakaran itu tidak mungkin karena posisi terbakarnya di puncak gunung,” ujarnya.

Gunung Talang memiliki ketinggian 1.597 meter dari permukaan laut. Status Gunung Talang sedianya masih waspada sejak 20 Desember 2014. (aci)