Tak Berkategori  

Siti Fadilah Desak Pemerintah Selidiki Asal Usul Masuknya Virus Zika

JAKARTA – Bekas Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadila Supari mengatakan, asal usul masuknya virus Zika ke Indonesia, harus diselidiki dengan cermat apakah penyebaran nya secara alamiah ataukah rekayasa manusia. Kejadian outbreak swineflu (flu babi), Mexico beberapa tahun lalu harus menjadi pelajaran yang berharga bagi negara-negara yang ekonominya sedang berkembang.
“Flu babi yang terjadi di Mexico menimbulkan kerugian ekonomi nasionalnya secara bermakna. Maka pemerintah kita sudah sewajarnya bila menganggap ‘serius’ penyebaran virus Zika ini ke Indonesia,” kata Siti kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/9).
Menurut Siti apakah penyebaran virus Zika di Indonesia terjadi secara alami atau rekayasa manusia ini, hanya bisa diselidiki secara epidemiologi yang mendalam atau surveilance.
“Perjalanan penyakit ada kronologisnya yang logis sehingga jelas penyebarannya. Selain mewaspadai penyebarannya pemerintah harus memberikan perhatian dan perlindungan khusus pada ibu hamil agar tidak digigit nyamuk pembawa virus Zika,” imbuhnya.
Menkes era pemerintahan Presiden Susilo Bambany Yudhoyono ini mengatakan bahwa sebenarnya kasus Zika diIndonesia ini wajar karena iklimnya cocok dan ada nyamuk Aedes aegypti yang bisa membawanya. Nyamuk ini sudah sangat familiar hidup di Indonesia, karena biasanya nyamuk tersebut membawa virus demam berdarah atau virus Chikungunya. (ery satria)