Tak Berkategori  

Songket Silungkang Hadir dengan Pewarna Alami 

SAWAHLUNTO – Songket Silungkang, Sawahlunto hadir dengan benang pewarna alami guna memenuhi selera pasar yang kian kompetitif.

“Sejak Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) di 2019, kita sudah memperkenalkan produk tenun ini dengan benang pewarna alami,” kata Walikota Deri Asta kepada Singgalang, Selasa (15/6).
Dikatakannya, benang songket pewarna alami dicelup perajin dengan pewarna yang diambil dari kulit kayu tanaman. Warna dihasilkan dari pewarna alami ini soft atau lembut, beda dengan pewarna sintetis, sehingga cenderung lebih kompetitif di pasaran.
Dikemukakan walikota, benang dengan pewarna alami bahan dasar songketnya dingin dan nyaman dipakai ketika jadi busana. Tentunya, masyarakat punya pilihan terbaik untuk menentukan ragam hasil tenunan Songket Silungkang.
Lebih jauh dikemukakanya, di tengah kompetisi hasil tenunan songket di Sumatra Barat, Songket Silungkang punya peluang dan segmen pasar. Terpenting, menjaga kualitas dan meningkatkan mutu.
“Dalam bisnis bersaing itu biasa. Persaingan menjadi tolak ukur dalam membaca peluang. Tanpa persaingan kita tidak akan maju, bukan hanya dalam industri tenun songket tetapi pada usaha lainnya. Songket Silungkang sudah punya brand sendiri,” ujar Deri. (cong)