Spanduk Nyentrik Polresta Padang Ingatkan Pengendara Berhati-hati

Salah satu spanduk Satlantas Polresta Padang terpasang di salah satu ruas jalan. (*)

PADANG – Berbagai cara dilakukan polisi untuk mengimbau para pemudik untuk berhati-hati saat berkendara pada mudik lebaran 2018. Pemasangan spanduk di sejumlah titik memang sudah lumrah dilakukan.

Tapi, Satuan Lalu Lintas Polresta Padang punya cara berbeda dalam membuat spanduk imbauan keselamatan berkendara.

Satlantas Polresta Padang, menggunakan kata-kata unik yang biasa digunakan pada mema. Meme yang diaplikasikan dalam spanduk ini memberi kesan tersendiri bagi pengendara.

Sejumlah spanduk yang tersebar di Padang itu bertuliskan, ‘Dilarang Ngebut, Pengali Kubur Lagi Mudik Lebaran’ itu menjadi perhatian bagi pengendara.

Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, mengatakan pemasangan spanduk ini dalam rangka Operasi Ketupat 2018. Sejumlah spanduk dipasang di lokasi titik rawan kecelakaan.

“Spanduk imbauan unik ini kita buat dengan harapan dapat dibaca oleh masyarakat yang melintas di wilayah Hukum Polresta Padang. Jika dibaca berulang-ulang diharapkan dapat menjadi pola pikir atau mindset sehingga dapat menjadi perilaku dalam kehidupan sehari hari,” kata Asril, kepada Singgalang, Selasa(12/6).

Pemasangan spanduk kreatif itu salah satunya tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kota Padang khususnya selama mudik Idul Fitri.

Sedikitnya ada 4 lokasi rawan kecelakaan yang ada di Padang. Empat lokasi itu, berada di Batas Kota Padang Solok dan Indarung serta jalur dua By pass.

Kasat mengimbau, bagi para pemudik diharapkan untuk berhati-hati di jalan, dan beristirahatlah di pos pengamanan dan pos pelayanan di Padang yang telah disediakan Polresta Padang.

“Jaga kecepatan, jangan kebut-kebutan dan beristirahatlah di pos yang telah didirikan,” ucap dia.(arief)