Tak Berkategori  

Stres Hadapi Skripsi, Lakukan Hal Ini

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

JAKARTA – Menghadapi skripsi memang harus ekstra sabar. Lalu apa jadinya jika kalian merasa kewalahan dan berada di titik jenuh untuk menghadapi tekanan dari skripsi atau tugas akhir? Psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menuturkan tips jitu yang dimulai dari hal kecil.

Dia mengatakan, jika mencegah stress berlebih akibat skripsi bisa dilakukan dengan memberikan waktu untuk diri sendiri untuk melakukan hal lain.

“Berikan diri sendiri time-out secara berkala untuk melakukan kegiatan yang sifatnya stress release, seperti olahraga rutin,” tutur Vera dikutip dari okezone, Minggu (15/7).

Kemudian, seringkali hal yang membuat para mahasiswa merasa stress adalah penulisan skripsi yang jumlahnya berlembar-lembar serta proses penelitian yang memang memakan waktu banyak.

Vera mengatakan jika hal itu memang tidak bisa dihindari, namun salah satu kuncinya adalah mencari teman diskusi. Hal ini dapat dilakukan bagi mereka untuk berbagi kesulitan dengan orang lain dan tidak memendamnya sendiri.

Ibu dua anak tersebut menambahkan, jika para mahasiswa dapat mencegahnya dengan memberikan reward atau hadiah kepada diri sendiri. Hal itu dapat dilakukan setiap mencapai keberhasilan.

“Misalnya, berhasil menyelesaikan bab 1, reward diri sendiri dengan ke salon atau ke tempat yang disukai,” pungkasnya. (aci)