Tak Berkategori  

Suami Elly Kasim Meninggal Dunia

PADANG – Budayawan Nazif Basir, suami penyanyi legendaris Minang, Elly Kasim, meninggal dunia, pukul 20.30 Jumat (1/5) di Jakarta. Sampai berita ini dibuat, belum didapat keterangan dimana akan dimakamkan.

Kabar meninggalnya salah seorang pendiri Harian Singgalang ini didapat dari konconya, Pemimpin Umum Harian Singgalang, H. Basril Djabar.
“Telah berpulang ke Rahmatullah, Nazif Basir Sutan Pemanen, di RS Pertamina,” tulis Uda Bas.

Nazif Basir lahir di Bukittinggi, 5 Juni 1934,meninggal dalam usia 86 tahun. Almarhum seorang senian, wartawan dan satrawan. Palimo Alang Bangkeh, salah satu cerbung yang terkenal.
Nazif bersama istrinya, Elly Kasim, merupakan pendiri Sanggar Tari Nasional Bunda, yang lebih dikenal dengan nama Sangrina Bunda pada 1978. Mereka telah membawa sanggar tari tersebut keliling dunia memperkenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke-118 kota di 35 negara. Selain dikenal sebagai penata tari (koreografer), Nazif juga dikenal sebagai pencipta lagu, terutama lagu-lagu Minang.

Nazif telah menulis sejak masih sekolah di Yogyakarta pada 1953. Ia merupakan alumni angkatan pertama dari Akademi Seni Drama & Film Yogyakarta pada 1957.

Uda Nazif demikian almarhum sering disapa, merupakan seorang yang humoris. Basril Djabar mewakili ahli waris memohon maaf kepada semua pembaca, sebaliknya jika ada salah sudah dimaafkan. (yuke)