Tak Berkategori  

Sudah 1.130 Orang Tewas

KATHMANDU – Gempa besar 7,9 SR yang mengguncang Nepal pada Sabtu telah menewaskan setidaknya 1.130 orang dan menyebabkan longsor mematikan di Gunung Everest.

Jumlah korban diperkirakan akan terus naik karena muncul laporan kerusakan berat di daerah pegunungan terpencil setelah peristiwa gempa paling besar yang pernah mengguncang Nepal dan berpusat 80 Km sebelah timur kota terbesar kedua di negeri itu, Pokhara.

Matinya sistem komunikasi menyulitkan upaya penyelematan dan semakin memunculkan kekhawatiran semakin bertambahnya korban di negara miskin berpenduduk 28 juta jiwa itu.

Data resmi dari kepolisian menunjukkan bahwa jumlah korban tewas telah mencapai 1.130 di Nepal. Angka tersebut belum menghitung korban di India sebanyak 34 orang dan satu di Bangladesh.

Gempa di Nepal pada Sabtu adalah bencana yang berpotensi membawa kerusakan besar karena berpusat di titik yang dangkal. Hingga kini, sejumlah gedung runtuh sementara jalanan terbelah.

Di sisi lain, gempa juga menyebabkan sejumlah bagian dari Gunung Everest longsor sehingga menewaskan setidaknya 10 orang yang tengah berada di pos terbawah, demikian keterangan seorang pejabat pariwisata setempat. (*/lek)
Sumber: antara